Anggota DPRD Kabupaten Bulukumba, Ahmad Saiful (kiri)
#

Usai Tinjau Irigasi Sawah di Tibona, Dewan Sebut Perlu Pembenahan

Jumat, 27 Maret 2020 | 09:57 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM  – Anggota DPRD Bulukumba, Ahmad Saiful turun langusng melakukan peninjauan irigasi persawahan yang selama ini dikeluhkan warga Tibona, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba.

Usai melakukan peninjauan di Lapangan, Apul sapaanya menyimpulkan bahwa memang sudah waktunya dilakukan pembenahan dan normalisasi irigasi. Olehnya itu dia mengatakan jika warja warga apalagi petani terus menerus menyampaikan keluhan.

“Saya sudah meninjau, kalau ini bisa kembali dimanfaatkan. Masyarakat dan petani bisa kembali meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya, Jumat (27/03/2020).

Olehnya itu dia meminta Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Bulukumba untuk memperhatikan saluran irigasi yang terletak di Dusun Bola Perringnge, Desa Tibona, Kecamatan Bulukumpa. Pasalnya saluran tersebut tidak lagi difungsikan sejak enam tahun terakhir.



Anggota DPRD Bulukumba dari Fraksi Gerindra, Ahmad Saeful, mengatakan irigasi itu harusnya mengaliri 40 hektare lahan persawahan. Petani di wilayah itu kini sudah tidak menanam lagi padi karena kekurangan air. Petani beralih memanam merica, jagung serta kacang, yang tidak terlalu banyak membutuhkan air.

“Petani di desa itu tidak lagi menanam padi karena kekurangan air, harusnya ini menjadi perhatian pemerintah karena masyarakat tidak lagi menanam,” katanya.(*


BACA JUGA