FOTO: Wakil Bupati Bulukumba membagikan masker saat melakukan kunjungan ke Desa Benteng Malewang, Bulukumba/Rabu, 2 April 2020/Khaerul Fadli/GOSULSEL.COM
#

Pastikan Edukasi Warga, Wabup Bulukumba Koordinasi Dengan Kades

Kamis, 02 April 2020 | 19:15 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Khaerul Fadli - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto membangun koordinasi dengan kepala desa. Koordinasi itu dilakukan untuk memastikan keterlibatan pemerintah desa (Pemdes) mempercepat penanganan Covid-19.

Hal ini tercermin saat Tomy Satria memantau Posko Satgas Covid-19 untuk daerah perbatasan di wilayah Benteng Malewang, Desa Benteng Malewang, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Kamis (2/4/2020).

Usai melakukan pamantauan Posko Covid-19 serta membagikan masker kepada tenaga kesehatan, petugas Satgas dan masyarakat umum, Tomy menemui dan berkoordinasi dengan Kepala Desa Benteng Malewang.

“Kami melakukan koordinasi dengan pak Kepala Desa (Benteng Malewang), memastikan kesadaran masyarakat untuk tetap tinggal di rumah,” kata Tomy Satria saat ditanya hasil pertemuannya dengan Kepala Desa Benteng Malewang.



Selain itu, dia juga melakukan koordinasi perihal upaya pemerintah desa dalam membantu masyarakat di tengah pendemi Covid-19.

“Termasuk upaya pemerintah desa dalam membantu masyarakat, kita koordinasikan,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Tomy Satria membagikan masker untuk petugas Satgas, Nakes dan masyarakat umum.

Di Posko Satgas Covid-19, dia memberikan saran agar petugas mengindetifikasi para pendatang maupun pemudik berbasis daerah asal dan wilayah yang akan dituju.

“Kalau bisa, kita tanya orang yang datang, dari daerah mana dia berkunjung, dan selama di Bulukumba dia menetap dimana. Ini agar mudah mengidentifikasi sebaran warga kita yang baru saja tiba di Bulukumba,” ungkapnya.

Kunjungan itu dilakukan untuk memastikan kesiapan petugas Satgas yang disiagakan di masing-masing Posko. Tak hanya itu, ia juga memastikan kesiapan sarana dan prasarana, termasuk alat pelindung diri (APD) dan asupan vitamin sesuai standar.

Tomy meminta kepada Satgas dan Nakes jika memiliki kebutuhan dan keluhan agar disampaikan langsung ke Pemerintah Daerah (Pemda).

“Jika ada keluhan dan kebutuhan disampaikan langsung ke Pemerintah Daerah. Bahwa dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 kita harus selesaikan bersama,” kata Tomy Satria.(*)


BACA JUGA