Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat ditemui di Gedung Balai Kartika, Kamis (02/04/2020).

Pemkot Makassar Makamkan Jenazah Pasien Corona di TPU Sudiang

Kamis, 02 April 2020 | 14:44 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sudiang menjadi tempat pemakaman bagi jenazah pasien Corona atau Covid-19 di Makassar. Keputusan ini telah diambil oleh Pemerintah Kota (Pemkot).

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengungkapkan, bahwa TPU Sudiang dipilih lantaran lokasinya yang jauh dari pemukiman warga. Sehingga, kekhawatiran mengenai penyebaran virus melalui jenazah pun dicegah.

“Pemerintah Provinsi (Pempro) Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah menyiapkan di Samata. Kami di Pemkot sudah siapkan di Sudiang. Tapi memang ditempatnya agak jauh memang dari pemukiman,” katanya, Kamis (02/04/2020).

Didalam pemakaman tersebut, jenazah dengan keyakinan yang berbeda akan tetap dimakamkan disana. Ia mengatakan, tidak ada tempat pemakaman khusus lainnya, dan.semuanya ditempatkan di satu lokasi saja.



“Ya, Kami satukan di Sudiang itu. Satu kompleks semua itu,” lanjutnya.

Selain itu, TPU Sudiang akan dijaga ketat oleh aparat keamanan. Iqbal mengaku telah berkerjasama dengan pihak kepolisian dan TNI untuk mengaja keamanan di sekitar lokasi pemakaman. Ini mencegah adanya kisruh soal pemakaman jenazah oleh masyarakat sekitar.

“Semua aparat hukum, kecamatan, tripica, babinsa, babinkamtibmas, terutama tokoh agama, kami libatkan,” tuturnya.

Meski begitu, terakhir, Iqbal mengimbau agar masyarakat tak perlu khawatir soal penularan virus yang disebabkan karena jenazah. Sebab, pihaknya telah mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengenai tata cara pemakaman jenazah pasien Corona.

“Ya harus, jadi memang standarnya itu harus dibungkus, dikasih masuk dalam peti, dengan dilem. Biar pastikan tidak ada yang bocor,” ujarnya. (*)


BACA JUGA