Penandatanganan MoU berlangsung di Markas PMI Makassar, Senin (04/05/2020).

Pulihkan Mental Pasien Sembuh Corona, UNM Gandeng PMI Siapkan Relawan Psikologi

Senin, 04 Mei 2020 | 22:58 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Universitas Negeri Makassar turut berpartisipasi dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kota Makassar. Pihaknya kali ini menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar.

Kerjasama kedua pihak ini ditandai dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU). Dimana diteken Rektor UNM, Prof Husain Syam dengan Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI di Markas PMI Makassar, Senin (04/05/2020).

Kata Syamsu Rizal, ada empat kesepakatan yang diteken. Diantaranya, penyediaan 1000 makanan buka puasa untuk mahasiswa UNM yang tidak mudik, penyemprotan disinfektan dengan teknologi drone dan penelitian serta pembuatan disinfektan dan hand sanitizer massal.

“Dan yang terakhir kerjasama dengan Fakultas psikologi UNM untuk program Psikososial kepada masyarakat terdampak, mulai dari pekerja yang di PHK, perawat atau tenaga medis dan korban,” ujar pria yang akrab disapa Deng Ical.



Sementara itu, Rektor UNM, Prof Husain Syam bahwa pihaknya memang telah menyiapkan relawan psikologi dari Fakultas Psikologi (FPsi) UNM. Program psikososial akan dijalankan oleh mereka.

Dimana tugas relawan ini nantinya ialah membantu pasien yang sembuh Covid-19 dalam hal memulihkan mental mereka. Bahkan layanan ini, kata Husain, tidak memiliki tarif sama sekali atau gratis.

“Psikoterapi jadi bagi yang sudah sembuh dari Covid-19 yang sudah tidak memiliki kepercayaan diri, kita lakukan psikososial di UNM secara gratis,” ujar mantan Dekan Fakultas Teknik (FT) ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel, Irjen Pol Mas Guntur Laupe, Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb. Serta dihadiri juga Mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin. (*)


BACA JUGA