Bupati Bulukumba AM. Sukri A Sappewali melakukan video conference bersama Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di ruang Data Centre Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bulukumba, Jumat (3/4/2020)
#

Bupati Bulukumba Sampaikan Refocusing APBD Untuk Penanganan Covid-19

Jumat, 03 April 2020 | 17:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Khaerul Fadli - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Bupati Bulukumba AM. Sukri A Sappewali melakukan video conference bersama Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman terkait laporan penanganan Covid-19, yang berlangsung di ruang Data Centre Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bulukumba, Jumat (3/4/2020).

Pada agenda video conference tersebut, diikuti oleh unsur pimpinan kabupaten/kota yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Adapun yang turut hadir di ruang Data Centre Diskominfo yakni, Dandim 1411, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Dinas Perhubungan, Bapenda, Disnaker, Dirut RS Sultan Dg. Raja, Kadis Kesehatan, BPBD, Dinsos, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, BPKD, serta Kabag Humas Bupati Bulukumba.

Adapun yang menjadi bagian dari pembahasan laporan setiap gugus anggota terkait penanganan Covid-19 yaitu dampak penerapan sosial distancing sesuai dengan instruksi Presiden, isu penegasan lockdown secara kedaerahan, imbauan setiap pemerintah kabupaten/kota kepada masyarakat untuk menerima informasi dengan clear, tegas dan bersumber dari satu data.



Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan menyarankan dalam video conferencenya,
untuk masyarakat yang baru mudik agar tidak langsung berkumpul dengan keluarganya, terlebih dahulu untuk dikarantina sementara.

“Buat masyarakat yang baru pulang kampung segerakan untuk dikarantina dulu sebelum temui keluarga,” terang Andi Sudirman.

Selain itu, Andi Sudirman juga menyampaikan kepada seluruh pihak pemerintah kabupaten/kota, perihal pelibatan pihak ketiga untuk membantu penanganan Covid-19 melalui penyuratan dari pemerintah daerah setempat.

Perkembangan yang telah sembuh (pihak kesehatan harus memberikan data) agar memberikan efek semangat kepada seluruh masyarakat Sulawesi Selatan.

Sementara Bupati Bulukumba AM. Sukri A. Sappewali saat menggikuti video conference, dalam penyampaiannya kepada Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, bahwa pemerintah daerah Bulukumba akan menyiapkan anggaran Rp19 miliar dari rencana refocusing APBD untuk pengadaan Alat Pelindung Diri dan belanja Operasional bagi tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bulukumba.

“Insya Allah, kita akan siapkan anggaran sebesar Rp19 M untuk penanganan Covid-19 ini,” kata Bupati Bulukumba 2 periode ini.

Untuk diketahui, pemerintah Kabupaten Bulukumba telah menyiapkan tempat isolasi khusus ataupun sebagai tempat karantina sementara bagi mereka yang berstatus ODP yang berlokasi di Lahongka Bira, Kecamatan Bonto Bahari. Hal ini dilakukan sebagai upaya dari penolakan masyarakat terhadap warga Bulukumba yang berdatangan dari perantauan dan dikhawatirkan akan menyebarkan Covid-19.

Wakil Gubernur Andi Sudirman juga mengimbau kepada seluruh unsur pimpinan pemerintah kabupaten atau kota, agar tetap selau menjaga kesehatan.(*)


BACA JUGA