Pengurus DPD II Partai Golkar Kabupaten Bulukumba mulai melakukan pencegahan dengan membagikan masker secara gratis ke masyarakat, Kamis (2/4/2020)
#

Cegah Covid-19, Ketua Golkar Bulukumba Komandoi Pengurus Edukasi Masyarakat

Jumat, 03 April 2020 | 11:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Khaerul Fadli - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Tak ingin tinggal diam di tengah wabah Corona yang menghantui masyarakat, pengurus DPD II Partai Golkar Kabupaten Bulukumba mulai melakukan pencegahan dengan membagikan masker secara gratis ke masyarakat, Kamis (2/4/2020).

Kegiatan tersebut dikomandoi langsung oleh Ketua DPD II Golkar Bulukumba, Andi Hamzah Pangki yang juga merupakan Anggota DPRD Bulukumba Dapil II.

Pihaknya membagikan masker tersebut ke masyarakat secara gratis di titik-titik  penting yang dinilai tempat berkumpulnya orang-orang, seperti di pasar-pasar tradisional, dan tempat ibadah (masjid). Selain bagi bagi masker, penyemprotan cairan disinfektan juga dilakukan para kader pertai berlogo pohon beringin itu.



Dalam kesempatan tersebut, pengurus Golkar Bulukumba juga terus mengedukasi masyarakat soal wabah virus Corona, diantaranya meminta warga agar tidak menganggap remeh virus yang bisa mematikan itu, termasuk memberitahu warga soal gejala-gejala klinis yang terpapar virus Corona atau Covid-19.

Namun yang tak kalah penting adalah soal imbauan pemerintah Kabupaten Bulukumba, agar tinggal di rumah saja jika tak ada urusan penting di luar, belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan ibadah dari rumah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tak lupa pengurus Golkar mengingatkan warga agar menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta menerapkan pola hidup sehat. Mematuhi semua protokol dan aturan sesuai standar yang ditetapkan WHO.

“Seharian kita bagikan masker ke warga yang beraktivitas di pasar, kita juga lakukan penyemprotan, begitu juga di Masjid yang ada di wilayah Kelurahan Jalanjang, Mariorennu, Bonto Macinna, Bonto Raja dan Gattareng,” ujar Irwan Natsir, salah seorang pengurus Golkar Bulukumba kepada wartawan.

“Kita juga meminta kepada warga agar berbelanja seperlu dan secukupnya agar yang lain kebagian, apabila selesai belanja kita harap segera kembali ke rumah. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan,” tambah Iwan.

Sementara menurut Ketua Golkar Bulukumba, Andi Hamzah Pangki, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan pihaknya dengan menyasar tempat yang terlihat masih ramai, guna menjaga kesehatan warga.

“Ya, kami akan terus melakukan segala upaya untuk masyarakat agar tetap aman dan sehat, serta kebutuhan tetap tersedia,” katanya.

Selain melakukan aksi sosial, Andi Hamzah Pangki juga mengaku terus berupaya semaksimal mungkin di parlemen untuk mendorong pemerintah daerah mencegah penyebaran, dan memutus mata rantai wabah virus Covid-19 di Bulukumba, dengan sejumlah usulan anggaran termasuk mengawasi harga sembako demi terjaminnya kebutuhan masyarakat.

Fraksi Golkar sudah terlebih dahulu mendorong pemerintah untuk segera mencairkan dana APBD sesuai surat Kementerian Keuangan dan Mendagri. Dana yang berhak dipotong termasuk dana DID dan dana lainnya non fisik berupa dana bencana, dana tak terduga UTN mengatasi Covid-19 tersebut, karena ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

“Intinya, kita dukung langkah Pemda Bulukumba dalam mengatasi permasalahan virus Corona ini, termasuk mencari tempat-tempat yang refresentatif untuk kamar isolasi atau menyewa tempat bagi warga Bulukumba yang akan pulang dari luar negeri, Malaysia atau negara lain,” tutup Hamzah Pangki.

Sekedar informasi, bagi-bagi masker dan penyemprotan cairan disinfektan oleh partai politik semacam ini memang sangat dinanti-nanti oleh masyarakat Bulukumba.(*)


BACA JUGA