Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Makassar, Senin (23/03/2020).

Pemkot Makassar akan Bagi-Bagi Sembako Selama Darurat Covid-19

Senin, 30 Maret 2020 | 14:37 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan membantu masyarakat yang tengah kesusahan selama adanya pandemi Corona atau Covid-19. Bantuan berupa sembako pun bakal dibagikan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb mengungkapkan, pihaknya telah mengalihkan anggaran di SKPD untuk penanganan Covid-19. Seperti anggaran dari Dinas Sosisl (Dinsos) tersebut, salah satunya nanti digunakan untuk menyediakan sembako bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Dinas Sosial akan menggunakan anggarannya untuk memberi bantuan Sembako kepada masyarakat melalui tenaga sukarela di kelurahan,” kata Iqbal saat ditemui di Hotel Grand Sayang, Sabtu (28/3/2020).

Lebih lanjut, Iqbal menjelaskan physical distance saat ini berimbas kepada kehidupan sosial dan ekonomi masyakarat kalangan bawah. Olehnya, kata dia, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan pendataan untuk mengetahui siapa saja yang nantinya menerima bantuan tersebut.



“Mereka bakal mendata dari tingkat kecamatan, kelurahan hingga RW dan RT siapa saja masyarakat miskin yang terdampak dengan kebijakan social distancing ini,” jelasnya.

Meski begitu, ia menegaskan, jika pembagian sembako ini mesti tepat sasaran. Kecurangan yang kerap terjadi selama proses pembagian mesti dicegah. Sehingga, semua masyarakat yang membutuhkan bisa mendapatkan sembako.

“Datanya harus akurat, by name by address harus jelas. Kita juga arahkan dana kelurahan kepada sifatnya yang miskin baru. Kegiatan tersebut jangan terjadi pengumpulan,” tegasnya. (*)


BACA JUGA