Penyerahan bantuan APD ke Puskesmas Pattalassang oleh Kowaridan Forwag. Sabtu 04 April 2020/Sandi Darmawan

Kowari-Forwag Gowa Serahkan APD ke Puskesmas Pattallassang

Sabtu, 04 April 2020 | 21:50 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Sandi Darmawan - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM- Komunitas Wartawan Kriminal (Kowari) dan Forum Wartawan Gowa (Forwag) kembali menyerahkan alat pelindung diri (APD) bagi paramedis yang menjadi gugus penanganan covid-19.

Setelah menyerahkan APD untuk tim kesehatan RSUD Syekh Yusuf Gowa, kini Kowari menyerahkan APD yang sama ke Puskesmas Pattallassang di Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa. Sabtu (4/4/2020)

pt-vale-indonesia

APD yang berupa masker, sarung tangan, pelindung kepala, kacamata dan mantel (baju pelindung) tersebut  diserahkan oleh Koordinator Kowari – Forwag Gowa, Saribulan kepada Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Puskesmas Pattallassang dr Ridha didampingi Ketua Tim Evakuasi Covid-19 H Rusli Husain dan para tim medis lainnya.

dr. Ridha mengatakan, khusus di Puskesmas Pattallassang untuk saat ini belum ada pasien kategori PDP (pasien dalam pengawasan) ataupun pasien positif covid-19.

” Yang ada hanya status ODP atau orang dalam pemantauan, itu pun hanya dua orang. Namun meski kondisi jumlah ODP, PDP dan positif masih cenderung minim namun kami tetap meningkatkan kewaspadaan. Sasaran kami sekarang adalah mendeteksi OTG atau orang tanpa gejala yang bisa menjadi kurir bagi virus corona ini,” jelas dr Ridha.

Upaya kewaspadaan yang dilakukan pihak Puskesmas Pattallassang adalah rutin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan, serta melakukan social distancing dan physical distancing.

” Kami juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan khususnya pada kawasan dimana dua ODP berada yang kini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Jika kami melihat kondisi saat ini khusus di wilayah cakupan kami Pattallassang tidak ada kasus baru, semoga tidak ada lagi,” tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Kowari- Forwag Gowa Saribulan mengatakan, meski APD yang diserahkan jauh dari kualitas standar namun diharapkan APD ini bermanfaat bagi para tenaga medis di Puskesmas Pattallassang dalam menangani covid-19 ini.

“Kami berterima kasih kepada pada donatur yang berpartisipasi pada Kowari-Forwag Peduli ini, amanah para donatur telah kami sampaikan kepada paramedis di RSUD Syekh Yusuf dan Puskesmas Pattallassang. Mari dukung bersama imbauan pemerintah untuk diam di rumah saja demi memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini, semoga cepat berlalu,” kata Saribulan (redaktur Ujungjari.com) yang juga Kepala Perwakilan Harian Beritakota Makassar untuk Gowa. (*)


BACA JUGA