Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Sensus Penduduk Online yang digelar di Ruang Rapat Sipakatau Kantor Wali Kota Makassar, Rabu (11/03/2020)/FOTO/AGUNG EKA/GOSULSEL.COM

Partisipasi Minim, Warga Diminta Manfaatkan WFH untuk Pengisian Sensus

Senin, 06 April 2020 | 12:45 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Makassar terus mengimbau warga untuk melakukan pengisian Sensus Penduduk 2020. Sebab, partisipasi dari Sensus ini masih jauh dari target.

Per 4 April, tercatat baru ada 28.696 Kartu Keluarga (KK) yang terdata atau 35,27 persen. Padahal, pihaknya menargetkan sebanyak 81.370 KK bisa dikumpulkan dalam Sensus Penduduk 2020 ini.

pt-vale-indonesia

Olehnya, Ketua BPS Makassar, Ari Prihadini mengatakan, bahwa pihaknya meminta agar warga bisa memanfaatkan Work From Home (WFH) selama pandemi Corona ini. Selama di rumah, warga bisa dengan leluasa mengakses dan mengisi Sensus Penduduk.

“Kami berharap selama WFH, masyarakat meluangkan waktunya untuk melakukan update data kependudukan mereka secara mandiri dengan mengakses laman sensus.bps.go.id,” ujarnya saat dihubungi, Minggu (05/04/2020).

Selain itu, ia mengaku jika penyebaran informasi melalui media sosial turut dimassifkan. Bahkan, pihaknya telah berkerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Makassar untuk menyebar informasi pengisian ini ke semua warga.

“Dalam situasi Work From Home, kami melakukan koordinasi dengan Kadis Dukcapil membuat poster yang kami share ke group WA, keluarga, sahabat, handai taulan, dan media sosial yang ada agar diketahui oleh masyarakat,” tambahnya.

Di lain tempat, Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb juga mengimbau agar warga untuk turut menyukseskan Sensus Penduduk ini. Ia pun mengaku telah menginstruksikan tiap RT dan RW untuk melakukan sosialisasi ke warga.

“Yah sudah kami lakukan, sementara ini. Kita minta RW dan RT langsung datang ke rumah warga,” ujarnya.

Bagi yang hendak melakukan pengisian data Sensus Penduduk, warga bisa mengakses laman sensus.bps.go.id. Kemudian login dengan menggunakan NIK dan Nomor KK. (*)


BACA JUGA