Direktur Operasional PD Pasar Makassar Raya, Saharuddin saat ditemui di Balai Mutiara, Senin (06/04/2020).

Belanja Tanpa Keluar Rumah, PD Pasar Makassar Bakal Buka Baruga Pasar

Selasa, 07 April 2020 | 13:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya membuat inovasi baru di tengah pandemi Corona ini. Dinamakan Baruga Pasar, ini merupakan tempat belanja kebutuhan pokok bagi konsumen tanpa harus keluar rumah.

Sejak adanya imbauan mengenai physical distancing atau larangan pergi ke tempat keramaian, jam operasional pasar pun dibatasi hingga pukul 12.000 Wita. Padahal masih banyak konsumen yang belum berbelanja.

Untuk itu, pihaknya berupaya untuk mencari solusi agar kebutuhan pokok konsumen bisa terpenuhi. Pasar Baruga pun akan hadir untuk membantu konsumen berbelanja dengan hanya melakukan pemesanan di rumah.

Direktur Operasional PD Pasar Makassar Raya, Saharuddin menjelaskan, bahwa Baruga Pasar menyediakan 11 komoditas pangan yang menjadi kebutuhan pokok penting bagi para konsumen. Untuk pemesanannya sendiri, mereka dapat melakukannya melalui via aplikasi PD Pasar atau pun Maltronik.



Kemudian jasa kurir akan mengantarkan belanja para konsumen ke rumah. Sehingga, mereka hanya sisa menunggu dan tetap menjalankan imbauan pemerintah yakni tetap di rumah demi mencegah penyebaran Corona.

“Di setiap pasar nanti ada Baruga Pasar. Ini sangat penting, kita siapkan untuk mengantisipasi pertama ini berkepanjangan tentang stay di rumah, bekerja di rumah sehingga memungkinkan orang tidak akan datang ke pasar, PD Pasar pun menyiapkan Baruga Pasar,” jelasnya saat ditemui di Balai Mutiara, Senin (6/4/2020).

Untuk sistem kinerjanya sendiri, Baruga Pasar memiliki admin yang akan menginput setiap belanjaan para konsumen yang sudah dipesannya. Setelah itu, admin akan mengambil kebutuhan pokoknya sesuai pemesanan konsumen. Kemudian, tenaga kurir dari PD Pasar yang siap untuk mengantarkannya ke rumah konsumen. Bahkan, pihaknya juga bekerjasama dengan Gojek untuk melakukan pengantaran.

“Pemesanan masuk ke Baruga Pasar, nanti adminnya ini yang belanja. Jadi bukan Gojek yang keliling masuk ke dalam,” ujarnya. 

Harga kebutuhan pokok yang ada di Baruga Pasar, kata Saharuddin, bakal tetap sama seperti yang ada di pasar lainnya. Hanya saja nantinya akan dikenakan biaya jasa antar sesuai jarak yang ditempuh. Baruga Pasar sendiri bakal segera diluncurkan dalam waktu dekat ini.

“Baru mau dilaunching ini, sudah selesai perjanjiannya,” lanjutnya.(*)


BACA JUGA