Mitra Gojek saat mengambil pesanan dari petugas PD Pasar Makassar Raya di Baruga Pasar, Jumat (24/4/2020)

Baruga Pasar, Tempat Belanja via Daring dari PD Pasar Makassar Raya

Jumat, 24 April 2020 | 17:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya mempermudah konsumen dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka. Pihaknya pun menyiapkan Baruga Pasar.

Kini, belanja bisa dilakukan lewat rumah. Hal tersebut disampaikan oleh Direksi Utama (Dirut) PD Pasar Makassar Raya, Basdir, Jumat (24/4/2020). Ia mengatakan sistem tersebut sudah lama dirancang. Awalnya untuk menyasar ibu rumah tangga milenial. Tetapi bertepatan dengan wabah Corona.

pt-vale-indonesia

“Beberapa waktu lalu kami rancang program belanja dengan sistem online dan offline, bahkan sebelum merebaknya isu corona kita sudah rancang memang, karena kita antisipasi ibu rumah tangga muda yang tidak sempat datang ke pasar itu akan dimudahkan dengan sistem belanja online maupun offline,” ujarnya.

Menurut Basdir, Ada dua metodologi yang bisa dilakukan dengan pasar daring tersebut. yang pertama, sistem daring dengan  menggunakan aplikasi malltronik dan Gojek. Selain itu, PD pasar persiapkan pegawai untuk jadi kurir di aplikasi Malltronik. 

“Sedangkan untuk offline, kita sediakan call center, jadi masyarakat kita yang belum melek teknologi atau yang tidak memiliki hp Android bisa menelepon ke costumer service dan bisa diantarkan langsung ke rumah,” sambungnya.

Mengenai sistem pemilihan belanjaan, kalau melalui online, jelas ada di aplikasinya itu akan muncul barang-barang yang akan dibeli beserta harganya, kalau sistem offline kalau itu nanti disebutkan dia pesan apa harga sekian, katanya melanjutkan. 

Jadi setiap hari itu kita update harga ketika orang pesan, kita itu ceklis terus kita sampaikan harganya sekian tinggal ongkos kirim, kalau harga kita dengan harga pasar itu sama saja, bebernya. 

Lebih jauh kata Basdir, Sekarang pasar yang siap melayani sebanyak 7 pasar menuju 10. Yaitu Pasar Pabaeng-baeng Barat, Pabaeng-baeng Timur, Pasar Baru, Pasar Terong, dan, Makassar Mall, Pasar Sambung Jawa, dan Pasar Daya. “Alhamdulillah itu sebagai upaya kami agar masyarakat bisa belanja tanpa harus pergi ke pasar demi mencegah penyebaran Covid-19,” ucap Basdir. 

Seperti diketahui, salah satu langkah PD pasar mencegah penyebaran Covid-19 adalah membatasi jam operasional pasar maksimal sampai pukul 12.00 siang saja. Ini dilakukan guna mencegah banyaknya konsumen datang di pasar demi mencegah penyebaran Corona.

“Memang banyak pedagang mengeluh dengan pembatasan operasional pasar. Maka kami hadirkan program seperti ini (pasar daring). Walaupun tidak ada orang datang ke pasar, tetapi transaksi pedagang tetap berjalan,” terang Basdir.(*)


BACA JUGA