Pihak Fakultas Kehutanan Unhas saat memberikan paket sembako kepada mahasiswa, Jumat (10/4/2020)

Corona Melanda, Fakultas Kehutanan Unhas Bantu Kebutuhan Pokok Mahasiswa

Jumat, 10 April 2020 | 21:21 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas) memberikan bantuan paket sembako kepada sejumlah mahasiswa yang memilih menetap di sekitar kampus Unhas, Jumat (10/4/2020). Ini merupakan bentuk keprihatinan atas pandemi Corona atau Covid-19.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WD III) Fakultas Kehutanan, Astuti Arif menjelaskan bahwa donasi ini merupakan bentuk kepedulian dari sivitas akademika Fakultas Kehutanan Unhas. Tujuannya, membantu mahasiswa yang sampai saat ini masih bertahan di lingkup kampus Unhas. 

“Bentuk keprihatinan kami terhadap perpanjangan masa belajar dari rumah akibat masih terjadinya peningkatan kasus Covid-19. Situasi ini berdampak pada mahasiswa dalam mengakses kebutuhan pokok. Mereka diharapkan untuk tetap tinggal di rumah, khususnya bagi mahasiswa yang kost di dalam dan sekitar kampus ataupun masih di Makassar,” jelas Astuti.

Untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa terhadap bahan pokok, sebelumnya telah dibuka kegiatan donasi dari seluruh unsur sivitas akademika Fakultas Kehutanan Unhas. Alhasil, total ada 74 paket sembako yang kemudian disalurkan ke mahasiswa.

“Kami menyiapkan sebanyak 74 paket bahan pokok, dimana kami menyalurkannya sesuai dengan pendataan terhadap mahasiswa kami yang masih ada di sekitar kampus. Pada setiap paket kami juga menyediakan masker untuk meminimalkan penularan,” lanjutnya.

Sebelum kegiatan ini, Fakultas Kehutanan telah melakukan penyemprotan desinfektan di rumah-rumah dosen dan pegawai. Kegiatan ini peduli dampak Covid-19 yang dilakukan Fakultas Kehutanan diharapkan dapat terus berlanjut selama masa pandemi.  Harapannya, wabah ini dapat berakhir secepatnya.

“Penggalangan dana akan terus kami lakukan, baik dari sivitas akademik maupun sumber lain. Dengan demikian, selama masa pandemi ini kami dapat terus memberi bantuan kepada pihak yang membutuhkan. Selain bantuan ini, kami mendesiminasi informasi melalui saluran komunikasi online setiap angkatan,” ungkap Astuti. 

Ia pun berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa, walaupun jumlahnya tidak banyak. Namun, diharapkan bisa membantu mahasiswa dalam situasi saat ini. 

Pembagian paket bahan pokok tersebut disaksikan langsung oleh pejabat dekan Fakultas Kehutanan yang juga merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) Unhas, Muh Restu.(*)


BACA JUGA