Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan (DPPPA) Makassar, Tenri A Palallo

Masa Pandemi Corona, Tenri A Palallo Sebut Hak Anak Harus Tetap Terpenuhi

Senin, 13 April 2020 | 19:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pandemi Corona atau Covid-19 yang sedang terjadi di Makassar berdampak pada pelbagai aspek kehidupan yang ada. Salah satu yang disorot ialah hak anak yang rentan terabaikan selama adanya pandemi ini.

Untuk itu, masyakarat dan para orang tua diminta untuk lebih memperhatikan dan berusaha untuk selalu memenuhi kebutuhan anak. Hal tersebut pun dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan (DPPPA) Makassar, Tenri A Palallo.

Ia mengatakan, jika hak anak harus tetap terpenuhi selama berlangsungnya pandemi Covid-19. Adapun hak yang dimaksud ialah mencakup pendidikan dan kebutuhan pokok mereka. 

“Hak utama pangan dan pendidikan. Makan dan belajar. Keluarga punya kesempatan mengukur kemampuannya saat corona sekarang. Sudahkah anak-anak mendapat lingkungan yang sehat. Di rumahnya kapasitasnya bagaimana?” katanya, Senin (13/4/2020).



Ia juga menambahkan bahwa saat ini suasana belajar anak di rumah mesti menggembirakan. Kendati, kata dia, tak mesti mata pelajaran sekolah.

“Orang tua dan guru harus kerja sama untuk membuat kegiatan terbaik setiap hari. Bangun pukul berapa? Salatnya bagi yang muslimah. Sudah itu buat apalagi?  Praktek terbaik hari ini buat apa anak?” lanjutnya. 

Hal itu dilakukan agar anak bisa tumbuh sehat, bisa belajar dengan baik dan berkualitas, terlindung dari kekerasan krisis ataupun bencana, serta bisa berpartisipasi. Sebab, anak-anak ialah salah satu kelompok rentan dalam terpapar Covid-19. Mereka pun harus menjadi perhatian utama. 

“Waktu panjang berada di rumah dan tinggal bersama orang tua di rumah seharusnya bisa menjadi kesempatan untuk memperbaiki kualitas anak-anak,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA