Petugas Dinas PU Makassar menggunakan Mobil Penyedot Tinja untuk mengosongkan tangki septik yang ada di rumah warga, Senin (20/4/2020)

Di Tengah Pandemi Covid-19, Penyedotan Lumpur Tinja Tetap Beroperasi

Selasa, 21 April 2020 | 09:25 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar terus melakukan penyedotan lumpur tinja di tengah pandemi Corona atau Covid-19. Sehingga, warga tak perlu risau jika memiliki tangki septik yang sudah penuh.

Hal itu juga untuk menghindari terjadinya masalah pencemaran lingkungan dan kesehatan. Sehingga, pihaknya tetap melayani penyedotan lumpur tinja meski tengah disituasi pandemi Corona.

Hubungan Masyarakat (Humas) Dinas PU Kota Makassar, Hamka Darwis mengatakan, pelayanan penyedotan lumpur tinja tersebar di beberapa wilayah. Hal itu bergantung permintaan pemohon.

“Bertugas Senin dan Kamis selama masa pandemi ini, yang biasanya bertugas Senin sampi Sabtu,” kata dia, Senin (20/4/2020).



Ia juga menyampaikan, bahwa terdapat 4 tim yang bertugas setiap hari. Masing-masing tim beranggotan 3 orang dengan 1 Armada mobil penyedot lumpur tinja.

“Pelayanan ini terus harus berjalan untuk memenuhi permohonan warga Kota Makassar,” ungkapnya.

Sekalipun tetap menjalankan tugas, Hamka mengatakan, seluruh petugas telah diberikan arahan agar senantiasa menerapkan Protokol Pencegahan Penyebaran Covid-19. Seperti menggunakan masker dan sarung tangan saat di lokasi pekerjaan.

“Perharinya, rata-rata mampu melayani 12 pemohon dan dilaksanakan oleh 4 tim,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA