Baznas Maros menyalurkan 4000 paket logistik kepada warga melalui kegiatan Baznas Tanggap Covid-19
#

Tanggap Covid-19, Baznas Maros Salurkan 4000 Paket Logistik

Kamis, 23 April 2020 | 12:29 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Upaya pencegahan penyebaran pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) semakin masif dilakukan. Bukan saja oleh pemerintah Kabupaten Maros, namun juga oleh organisasi kemasyarakatan.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Maros juga membagikan paket logistik, sebagai bentuk kepedulian kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19. Sebanyak 4.000 paket logistik dibagikan kepada warga melalui kegiatan Baznas Tanggap Covid-19. 

Program Baznas Tanggap Covid-19 ini diluncurkan di Gudang logistik Baznas Maros di Perumnas Tumalia Maros. Peluncuran dihadiri oleh unsur dari Pemkab Maros, Polres Maros, Kodim 1422 Maros, Satpol PP Maros, Kemenag, MUI dan organisasi keagamaan.

Bupati Maros, HM Hatta Rahman, yang diwakili Asisten III Pemkab Maros, Muh Najib menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Baznas Maros yang membantu masyarakat melalui program Baznas Tanggap Covid-19. 



“Pemkab Maros mendukung kegiatan Baznas Maros. Apalagi kegiatan ini sebagai wujud kepedulian, bergotong royong dalam menananggulangi pandemi Covid-19. Dengan program Baznas Tanggap Covid-19 ini maka akan banyak warga yang terbantu,” ujarnya.

Sementara Ketua Baznas Kabupaten Maros, Said Pattombongi menyampaikan, sebanyak 4.000 paket logistik yang disebar ini untuk meringankan beban masyarakat dalam menghadapi wabah Covid-19. 

“Paket logistik ini beras 10 kg, gula, teh, mi instan, ikan kaleng, minyak goreng, vitamin dan masker, disalurkan saat bulan Ramadhan 1441 hijriah, yang tinggal beberapa hari lagi,” ucapnya.

Selain disalurkan kepada kaum dhuafa dan mustahik di 14 kecamatan se-Maros, paket logistik ini juga diberikan kepada pegawai honorer, guru honorer, tenaga kesehatan, tenaga kebersihan, guru taman pengajian Alquran (TPA), imam masjid dan dai. 

Dana Zakat Infak Sedekah (ZIS) yang dihimpun Baznas Maros berasal dari ASN Pemkab Maros. Selain itu, juga menghimpun dana zakat dan ZIS dari instansi lainnya, seperti Kepolisian dan TNI. Juga dari pengusaha dan donatur lainnya. 

Baznas Maros terus melakukan sosialisasi agar menyalurkan zakat dan ZIS melalui Baznas Maros. Dana yang dihimpun Baznas Maros disalurkan kepada warga penerima zakat atau musthaik secara rutin.

“Dana zakat, infak dan sedekah yang disalurkan ke Baznas Maros sudah disalurkan kepada ribuan musthaik. Termasuk untuk bantuan pendidikan,” ujarnya.

Menurutnya, potensi zakat masyarakat Maros masih besar. Potensi zakat juga berasal dari dari pertanian, perdagangan dan lainnya.

Saat ini Baznas Maros memiliki sejumlah program, yakni Bidang Sosial yang meliputi Baznas Tanggap Bencana (BTB), Layanan Aktif Baznas (LAB), Rumah Sehat Baznas (RSB), Sekolah Cendikia Baznas (SCB) dan Lembaga Beasiswa Baznas (LBB).

Sementara bidang Ekonomi, meliputi Zakat Community Development (ZCD), Lembaga Program Ekonomi Mustahik (LPEM) dan Baznas Microfinance (BMFI). Bidang Dakwah dan Advokasi yang meliputi Mualaf Center Baznas (MCB).(*)


BACA JUGA