Puluhan driver ojek online (ojol) melakukan aksi sosial donor darah, di Markas PMI Makassar, Jl Kandea, Sabtu (25/4/2020)

Di Tengah Pandemi Corona, Puluhan Ojol Donorkan Darahnya di PMI Makassar

Minggu, 26 April 2020 | 10:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Guna menjaga ketersediaan stok darah di PMI Kota Makassar selama pandemi virus Covid-19, puluhan driver ojek online (ojol) melakukan aksi sosial donor darah, di Markas PMI Makassar, Jl Kandea, Sabtu (25/4/2020).

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh relawan tanggap bencana ojol Sulawesi Selatan (RTBOSS) yang berkolaborasi bersama Gojek dan PMI Kota Makassar.

Di hadapan puluhan ojol, Ketua PMI Makassar Dr Syamsu Rizal Mi, mengakui jika saat ini PMI Makassar sedang krisis stok darah.

Hal ini menurutnya sering terjadi bila bulan suci Ramadan tiba, apalagi sejak masuknya virus Corona dan bersamaan dengan pandemi demam berdarah. Hal itulah yang membuat banyak masyarakat beranggapan bahwa mereka tidak dapat lagi untuk melakukan donor darah.



“Tapi alhamdulillah kemarin itu Pemuda Pancasila sudah melakukan donor darah dan sekarang ini teman-teman ojol, dengan begitu masyarakat akan mengetahui bahwa di tengah pademi Corona ternyata kita masih bisa melakukan donor darah,” pungkasnya.

Sementara Ketua Komunitas Papa Online, Mail mengatakan bahwa selama sepuluh hari kedepan kami bersama para relawan ojol akan melakukan aksi kemanusiaan donor darah di PMI Makassar guna membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan stok darah untuk masyarakat.

“Jadi selama 10 hari ke depan relawan ojol akan silih berganti datang untuk melakukan donor di PMI Makassar. Hal ini dilakukan sebagai upaya membantu PMI menjaga ketersediaan stok darah akibat pademi virus Corona,” katanya.

Sementara Pimpinan Cabang Gojek Makassar, Adwin Pratama memberikan apresiasi kepada PMI Makassar dan RTBOSS atas terselenggaranya kegiatan sosial donor darah ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada PMI Makassar yang hingga saat ini tetap konsisten untuk berjuang menyediakan kebutuhan stok darah bagi masyarakat di Sulawesi Selatan terkhusus kota Makassar,” ujarnya.

“Saya juga memberikan apresiasi kepada rekan rekan ojol yang telah berbesar hati dan jiwa untuk tetap membantu saudara saudara kita yang membutuhkannya meskipun dalam keadaan seperti ini,” lanjutnya.(*)


BACA JUGA