Kadinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin saat ditemui di Kantor Dinkes Makassar, Jumat (20/03/2020)/FOTO/AGUNG EKA/GOSULSEL.COM

Dinkes Makassar Siap Beri Insentif Bagi Tenaga Medis Corona, Segini Nilainya

Minggu, 26 April 2020 | 15:47 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kabar baik bagi para tenaga medis yang menangani pasien Corona atau Covid-19. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar ternyata bakal memberikan insentif untuk mereka.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinkes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin saat ditemui di Posko Covid-19 Makassar, Minggu (26/04/2020). Kata dia, pemberian insentif tersebut diinisiasi pemerintah pusat atas instruksi Presiden Ri, Jokowi Widodo.

pt-vale-indonesia

“Nanti kita menunggu aturannya seperti apa, Kan sudah ada itu hari, surat Presiden. Akan membayarkan tunjangan tenaga kesehatan, oleh dokter Spesialis, dokter umum, bidan perawat dan tenaga kesehatan lainnya,” katanya.

Pemerintah pusat melalui Kementrian Keuangan (Kemenkeu) RI telah mengucurkan dana sebesar Rp3,7 triliun. Dimana dana tersebut digunakan untuk pemberian insentif bagi 99.660 tenaga medis.

Adapun rinciannya, dokter spesialis akan mendapatkan insentif sebesar Rp15 juta, dokter umum dan gigi Rp10 juta. Sementara itu, bidan dan perawat Rp7,5 juta, kemudian tenaga medis lainnya ialah Rp5 juta.

Naisyah pun mengatakan, insentif ini akan diberikan tiap bulannya selama tiga bulan ke depan. Ialah di bulan Maret, April dan Mei. Meski demikian, pihaknya masih menunggu arahan dari pemerintah pusat.

“Sudah ada edaran seperti itu, tapi bagaimana mekanisme pengaturannya, sumber uangnya, kita tunggu lagi Peraturan Menteri Keuangan (Menkeu) dan Menteri Kesehatan (Menkes),” sambungnya. (*)


BACA JUGA