Camat Rappocini, Andi Asminullah bersama tim medis dari Dinkes Makassar saat melakukan rapid test kepada 59 Jamaah Masjid Ridha, Kamis (30/4/2020)

59 Jamaah Masjid Ridha Rappocini Jalani Rapid Test, 3 Reaktif Positif Corona

Jumat, 01 Mei 2020 | 11:04 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebanyak 59 Jamaah dari Masjid Ridha Muhammad, Jalan Tamalate 1, Kecamatan Rappocini menjalani rapid test. Alhasil, ada tiga jamaah yang dinyatakan reaktif positif Corona atau Covid-19.

“Ada 59 yang diperiksa dan ditemukan tiga orang yang positif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Makassar, Ismail Hajiali saat dikonfirmasi via telepon, Kamis (30/4/2020).

Sebelumnya, pemeriksaan tersebut dilaksanakan usai mereka menggelar salat taraweh berjamaah. Padahal, telah ada imbauan untuk melakukan salat di rumah demi mencegah penyebaran Corona.

Pemeriksaan ini didampingi langsung oleh Camat Rappocini, Andi Asminullah. Kemudian turut hadir aparat keamanan dari TNI dan Polsek Rappocini.



Lanjut, kata Ismail, ketiga jamaah tersebut akan menjalani isolasi mandiri. Kemudian berikutnya pemeriksaan spesimen atau swab terhadap ketiganya dilakukan guna memastikan kondisi kesehatan mereka. 

“Iya di isolasi mandiri dulu,” singkatnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah mengimbau agar masyarakat menjalani ibadah di rumah. Ini dilakukan agar penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dapat efektif dan mengurangi kasus Corona.

“Kita tentu tidak ingin situasi ini berlarut-larut, makanya kita harus lawan dengan menghentikan penyebarannya, tinggal di rumah saja dulu, beribadah di rumah, Insha Allah pahalanya tidak akan berkurang,” ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb beberapa waktu yang lalu.(*)