#

Berkunjung Posko Covid-19 Ujung Bulu, Wabup Tekankan Penerima Bantuan Tak Boleh Dobel

Kamis, 07 Mei 2020 | 13:37 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Khaerul Fadli - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto berkunjung langsung ke Posko Covid-19 Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, pada Kamis malam (6/5/2019) usai salat tarwih.

Pada kunjungan itu, Tomy Satria ingin memastikan Satgas Covid-19 dan Pemerintah Kecamatan Ujung Bulu terus memantau perkembangan Covid-19 dan memastikan langkah pencegahan tetap jalan.

Selain itu, Tomy Satria juga menegaskan bahwa bantuan Covid-19 tepat sasaran berdasarkan data kepada masyarakat terdampak Virus Corona dan masyarakat pra sejahtera. Ia mengingatkan pemerintah kecamatan dan Satgas Covid-19 agar tidak ada penerima manfaat yang dobel.

“Perhatikan penyaluran bantuan, semua harus merata. Makanya harus ada data penerima manfaat, berapa yang sudah tersalurkan dan berapa yang belum. Jangan sampai ada penerima manfaat yang dobel. Ini semua harus merata. Penting itu diperhatikan,” tegas Tomy Satria di hadapan Camat Ujung Bulu, Andi Ashady Oentoeng beserta staf dan Satgas Gugus Tugas kecamatan.



Dia meminta agar bantuan yang sudah ada langsung didistribusikan. Semua perangkat harus bekerja cepat dan maksimal, agar tak ada lagi masyarakat pra sejahtera dan terdampak Covid-19 yang terbebani.

“Jangan pernah ada yang main-main dengan ini. Pak Bupati sudah sampaikan itu, pemerintah harus hadir membantu beban hidup rakyat di tengah pendemi seperti ini. Yang paling penting, koordinasi agar tidak ada lagi mis komunikasi,” tegas Tomy.

Tomy menjelaskan, ada beberapa sumber bantuan yang telah diserahkan, ada yang sementara dalam proses, diantaranya Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan dari pusat meliputi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai bantuan reguler. 

Kemudian ditambahkan lagi Sembako Covid-19, Bantuan Sosial Tunai (BST), lalu ada lagi Bantuan Langsung Tunai (BLT) desa dan kelurahan yang semuanya mengacu pada Data Terpadu Kementerian Sosial (DTKS) Kemensos RI.

Sementara itu, Camat Ujung Bulu, Andi Ashady mempersentasekan kesiapan Satgas Gugus Tugas dan pemerintah kecamatan. Dia juga menyampaikan beberapa bantuan telah diserahkan ke masyarakat.

Di hadapan Wakil Bupati, dia menyampaikan rencana akan memberi penanda pada rumah warga penerima manfaat. Hal itu dilakukan agar setiap kepala keluarga pemerima manfaat bisa dideteksi dan terdata dengan baik. Selain itu rencana ini merujuk pada asas transparansi.

“Kami rencana akan memberi penanda bagi rumah warga penerima manfaat. Baik itu dalam bentuk sticker maupun sejenisnya,” ungkap dia.

Rencana itu mendapat dukungan dari Tomy Satria. Namun dia juga mengingatkan agar terencana dengan baik dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang.

“Saat ini sudah ada beberapa bantuan yang diterima langsung oleh warga penerima manfaat. Penyerahan berbasis data terpadu,” tandas Camat Ujung Bulu.(*)


BACA JUGA