Humas IDI Kota Makassar, dr Wachyudi Muchsin

Ramadan Hampir Berakhir, Dokter Koboi Ingatkan Tetap Sehat Selama Berpuasa

Jumat, 15 Mei 2020 | 05:58 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Tinggal beberapa hari lagi, bulan Ramadan akan segera berakhir. Menandakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah akan kita jumpai.

Meski di penghujung Ramadan, akan tetapi kewajiban berpuasa harus tetap dijalankan. Banyaknya aktifitas tak bisa menjadi alasan untuk menyerah dan batal berpuasa.

dr Wachyudi Muchsin, Dokter yang akrab disapa Dokter Koboi ini kembali mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan selama berpuasa. Sehingga, tetap bisa fit walaupun dihadapkan pelbagai aktifitas.

Ia menyebut bahwa makanan menjadi faktor penting agar tetap sehat selama bulan puasa. Untuk itu, memilih makanan saat sahur atau berbuka perlu diperhatikan. Saat



Saat sahur misalnya, penting untuk memilih makanan yang lambat dicerna. Makanan tersebut harus memiliki karbohidrat kompleks agar tidak mudah lapar selama menjalani puasa.

“Makanan sahur berupa karbohidrat kompleks dengan nilai indeks glikmekik rendah dan makanan berserat agar tidak cepat lapar, seperti sereal, gandum, sayuran, kacang kacangan,” jelasnya, Jumat (15/05/2020).

Dalam berbuka puasa, kata dia, mesti mengonsumsi makanan dengan penghasil energi yang baik terlebih dahulu. Ini penting agar bisa kembali mengembalikan energi kita yang telah hilang setelah berpuasa.

“Saat berpuasa, kembali energi dengan makanan penghasil energi yang baik seperti kurma dan buah-buahan segar,” tambahnya.

Selain itu, Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar ini menjelaskan pentingnya meminum air putih yang banyak. Kemudian menghindari konsumsi teh, kopi dam minuman yang bersoda. Sebab, dapat mengakibatkan efek duretik dan cepat haus.

“Minumlah air putih minimal 8 gelas saat berbuka puasa dan sebelum tidur,” ujarnya. (*)


BACA JUGA