Bersiap New Normal, Pemkot Makassar Pilih Terapkan Herd Immunity

Sabtu, 30 Mei 2020 | 15:59 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Setelah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap kedua berakhir, Pemerintah Kota Makassar kini bersiap menuju kondisi New Normal. Pihaknya pun memilih Herd Immunity atau kekebalan kelompok untuk menghadapi virus Corona atau Covid-19.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf mengatakan, Covid-19 harus dihadapi dengan melakukan adaptasi alias new normal. Olehnya, adaptasi tersebut mengharuskan warga memperkuat imunitas tubuh.

“Herd immunity itu artinya bagaimana meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat dengan memanfaatkan kearifan lokal, memanfaatkan sumber daya sekitar dengan nutrisi fungsional,” ujar Yusran, Jumat (30/5/2020).

Yusran memaparkan, keputusan tersebut lahir setelah diskusi dengan para pakar. Ia mengatakan, saat ini, yang paling penting adalah meningkatkan imunitas. Selama imunitas tubuh kuat, maka yang akan terinfeksi Covid-19 akan berkurang. 



“Kita melakukannya di level RT dan RW karena di situlah kekuatan utama masyarakat kita,” katanya.

Implementasi di lapangan, menurut Yusran, melalui kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, PKK, dan RT, RW untuk mengembangkan komoditi-komoditi yang bisa menjadi suplemen meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, ia mengatakan pemerintah akan memastikan aktivitas masyarakat itu sehat, seperti berolahraga.

“Herd immunity itu bisa dilakukan dengan dua hal, menyehatkan tubuh dengan olahraga, dan nutrisi juga harus fungsional, memanfaatkan tumbuhan lokal yang ada, seperti jahe, kunyit, dan macam-macam,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA