Binda Sulsel menggelar program vaksinasi Covid-19 di delapan daerah demi mencapai Herd Immunity/Ist

Genjot Vaksinasi, BIN Sulsel Targetkan Delapan Daerah Capai Herd Immunity

Selasa, 23 November 2021 | 21:45 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Intelijen Negara (BIN) terus menggencarkan vaksinasi massal bagi pelajar dan masyarakat secara serentak di seluruh Indonesia. Tak terkecuali di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).

BIN Daerah (Binda) Sulsel diketahui kembali menggencarkan vaksinasi massal di beberapa daerah. Kegiatan vaksinasi massal tersebut rencananya akan dikebut hingga Desember 2021 agar menekan lonjakan kasus Covid-19 yang diperkirakan terjadi pada Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Adapun delapan kabupaten dan kota di Sulsel telah menggelar kegiatan tersebut pada Selasa (23/11/2021). Diantaranya, Barru, Pinrang, Bulukumba, Sidrap, Kota Palopo, Bone, Sinjai, dan Pangkep dengan total target sebanyak 59.200.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut memperoleh respon positif dari masyarakat. Antusiasme masyarakat tersebut disambut oleh pihak BIN Sulsel dengan mendatangkan 2000 Dosis Vaksin.

‚ÄúProgram ini salah satu upaya tindak lanjut program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai target 70 persen dari dosis pertama di tahun 2021,” ungkap Kepala Bagian Dukungan dan Operasional Binda Sulsel, Kol. Inf. Andi Baso.

Program vaksinasi oleh Binda Sulsel ini menyasar masyarakat dan pelajar. Hal itu merujuk pada data capaian vaksinasi pada kalangan pelajar dan lansia khususnya dosis kedua masih rendah.

Untuk itu, Binda Sulsel menggenjot vaksinasi. Selain menekan laju kasus Covid-19 pada saat Nataru, juga merupakan bagian dari upaya mencapai kekebalan kelompok atau herd Immunity.

Program vaksinasi tersebut rencananya akan dilaksanakan selama beberapa hari berturut-turut. Apalagi khususnya di daerah yang masih rendah tingkat vaksinasinya.

Atas digelarnya kegiatan tersebut, Andi Baso juga menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan pemerintah beserta stakeholder lainnya. Sebab sudah mau bekerjasama dalam pelaksanaan program vaksinasi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan stakeholder lainnya yang telah bekerjasama melancarkan program pemerintah,” Andi Baso.

Kepala Binda Sulsel, Dwi Surjadmodjo sebelumnya juga telah menjelaskan bahwa pihaknya akan terus melaksanakan berbagai upaya. Agar masyarakat sadar akan pentingnya program vaksinasi dan disiplin terhadap protokol kesehatan.

“Hal tersebut diwujudkan melalui berbagai upaya BIN dengan menggelar vaksinasi massal, vaksinasi door to door, vaksinasi santri dan pelajar, hingga sosialisasi prokes,” tukas Surjadmodjo.(*)