Pemerintah Desa Dampang, Kecamatan Gantarang bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bulukumba bersama Kepala Desa Dampang Muhardi Totty, kunjungi warga kurang mampu di Desa Dampang, Kecamatan Gantarang, Bulukumba, Rabu (3/6/2020) siang kemarin
#

Gandeng BAZNAS Bulukumba, Kades Dampang Bantu Warga Kurang Mampu

Kamis, 04 Juni 2020 | 14:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Khaerul Fadli - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Desa Dampang, Kecamatan Gantarang bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bulukumba mengunjungi warga kurang mampu yang tinggal di rumah berukuran hanya 4 x 5 meter persegi.

Dalam kunjungannya, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bulukumba Muhammad Yusuf Shandy menyerahkan bantuan pokok. Diantaranya minyak 2 liter, telur 1 rak, beras 10 kg, dan gula pasir 2 liter. Sementara dengan waktu bersamaan Muhardi Totti selaku Kades Dampang melakukan advokasi kependudukan terhadap Murti.

Demikian disampaikan Muhammad Yusuf Shandy usai mengunjungi rumah milik keluarga Murti di Desa Dampang, Kecamatan Gantarang, Bulukumba, bersama Kepala Desa Dampang Muhardi Totty, Rabu (3/6/2020) siang kemarin.



Yusuf menyebutkan, rumah kecil yang berukuran sekitar 4 x 5 meter itu dihuni oleh 8 orang, masing-masing satu orang ibu, dan tujuh orang anak.

“Mereka 8 orang sekeluarga. Paling besar kelahiran ’98, tamat SMK, paling kecil masih di bangku sekolah dasar,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, sebagai single parent, ibu mereka terpaksa ke Makassar untuk bekerja.

“Ibunya sudah kembali lagi ke Makassar, kerja di sana, cari nafkah buat anak-anaknya,” tambah Yusuf.

Kades Dampang yang menyertai Tim BAZNAS ke lokasi menyarankan kepada anak sulungnya agar segera mengurus mutasi kependudukannya ke Desa Dampang.

“KTP mereka ini bukan di Desa Dampang. Sebelumnya mereka berdomsili di Bonto Mate’ne Desa Padang. Kami sudah minta agar segera urus mutasi kependudukannya, agar bisa dibantu semaksinal mungkin oleh Pemerintah Desa Dampang dan lembaga lainnya,” jelas Kades Dampang yang baru dilantik beberapa bulan lalu.

Kades Dampang juga akan mengupayakan ada bantuan lain selain pangan, terutama renovasi rumahnya, bantuan usaha untuk anak-anaknya yang sudah mampu bekerja guna memenuhi kebutuhan adiknya-adiknya.

Sementara Murti berharap kondisinya dapat diakomodir oleh pemerintah Desa Dampang.

“Saya sangat berharap semoga secepatnya saya bisa di fasilitasi untuk urus mutasi kependudukan, biar nantinya saya juga dapat bantuan resmi dari pemerintah Desa,” harap Murti.(*)


BACA JUGA