Pematokan akses jalan masuk ke lokasi IPAL Losari dihadiri tim dari Kementerian PUPR, pihak dari GMTD, Dinas PU Kota Makassar, pelaksana WIKA, dan konsultan pengawas IPAL Losari, Jumat (19/06/2020).

Dinas PU Makassar Patok Akses Jalan ke IPAL Losari, Ini Tujuannya

Jumat, 19 Juni 2020 | 20:56 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM– Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar saat ini tengah melakukan pematokan akses jalan. Tepatnya, untuk jalan Instalasi Pengolahan Air Limbah atau IPAL Losari di Jalan Metro Tanjung Bunga.

Kegiatan pematokan akses jalan masuk ke lokasi IPAL Losari dihadiri tim dari Kementerian PUPR, pihak dari GMTD, dan Dinas PU Kota Makassar. Kemudian dari pelaksana WIKA, dan konsultan pengawas IPAL Losari.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PU Kota Makassar, Nirman, kegiatan tersebut sekaligus untuk menambah lahan untuk akses jalan. Pasalnya, lahan yang ada saat ini sulit untuk dimanfaatkan.

“Sebelumnya sudah ada kesepakatan, cuman kami sulit memanfaatkan lahan, jadi kami minta dilebarkan sedikit,” kata Nirman, Jumat (19/06/2020).



Adapun akses jalan tersebut untuk pemanfaatan pembangunan IPAL Losari di Patumbungan. Sehingga, perlu adanya pelebaran lahan.

“Lahan yang punya pemerintah kota berada di belakang, jadi kami minta pihak PT Gowa Makassar Tourism Development TBK (GMTD) untuk memberikan akses ke IPAL,” ungkapnya.

Sebelumnya, Nirman menerangkan bahwa diberikan akses jalan namun lebarnya belum mencukupi. “Jadi kami minta lagi untuk ditambah lagi lebarnya,” cetusnya.

Nirman mengatakan penambahan akses jalan di Jalan Metro Tanjung Bunga berkisar 13 meter. Akses tersebut untuk kendaraan mobil agar bisa masuk ke dalam.

“Pemanfaatan IPAL untuk perumahan di tanjung bunga dan masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui total anggaran untuk pembangunan IPAL Losari sebanyak Rp931,5 miliar. Dananya bersumber dari pusat. (*)


BACA JUGA