Ilustrasi Pasien Terjangkit Virus Corona (Sumber: Internet)

Puluhan Residen FK Unhas Terpapar Covid-19

Senin, 22 Juni 2020 | 20:47 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kabar buruk menerpa Fakultas Kesehatan (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas). Sebanyak 70 dokter residen terkonfirmasi terkena Corona atau Covid-19. 

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulsel, dr Syafri Kamsul. Ia berujar, bahwa mereka yang terpapar didominasi oleh para residen yang bekerja di RS Unhas.

Mereka, kata Syafri, memang bertugas membantu para dokter spesialis dalam menangani pasien Covid-19. Meski begitu, sudah ada juga yang telah sembuh.

“Harus dicatat bahwa itu adalah angka kumulatif sejak awal Covid-19, bulan Maret dan sampai saat ini. Alhamdulillah tidak ada yang berkembang menjadi kritis,” tuturnya saat dihubungi, Senin (22/6/2020).



Sementara itu, Kasubdit Humas dan Informasi Publik Unhas, Ishaq Rahman mengatakan, jika pihaknya telah melakukan antisipasi agar menekan penyebaran Corona. 

Ia menjelaskan, apabila ada yang terpapar kemudian langsung menjalani tes swab. 

“Data dokter residen yang bertugas di RS Unhas setiap hari dipantau oleh FK Unhas. Sehingga jumlah dokter residen yang ODP, PDP, yang telah di swab, yang hasil positif, maupun yang sudah sembuh, semuanya terpantau setiap waktu,” jelasnya. 

Perlu ditekankan, bahwa 70 dokter residen yang terpapar merupakan angka kumulatif yang terpapar dari RS Unhas dan RS dr Wahidin Sudirohusodo. 

“Pihak FK memang hati-hati merilis angka ini, karena khawatir ada salah persepsi. Misalnya kalau diumumkan angka kumulatif (total) yang positif tentu lumayan tinggi. Tapi jangan lupa, bahwa banyak juga yg kemudian sehat kembali dan negatif (setelah dua kali test swab lanjutan),” jelasnya.(*)


BACA JUGA