Orangtua calon siswa saat mengantri pendaftaran PPDB Jalur Zonasi di Kantor Disdik Kota Makassar, Selasa (14/07/2020).

Server PPDB Lagi-lagi Error, Orangtua Calon Peserta Siswa Resah dan Panik

Selasa, 14 Juli 2020 | 17:59 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP di Kota Makassar terus menjadi sorotan. Ini setelah server pada laman web PPDB kerap kali bermasalah atau error.

Orangtua calon peserta didik pun naik pitam. Pasalnya, ketika hendak mendaftarkan anaknya, laman web PPDB terus error. 

Ag, satu dari sedikit orangtua calon peserta didik yang mengalami kejadian tersebut. Parahnya, kata dia, bahkan masalah server ini berlangsung hingga hari terakhir pendaftaran. 

“Sudah dari kemarin, kita tinggal unggah (upload) tapi tidak bisa. Yang paling parah kalau hari-hari terakhir, pasti makin panik orang,” tuturnya saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Selasa (14/07/2020).



Ag mengatakan situasi kepanikan muncul lantaran anak-anak sudah terlalu lama berada di rumah. Terhitung, sudah tiga bulan lebih sejak pandemi Covid-19 melanda.

“Pasti menggebu-gebu (melakukan pendaftaran),” kata warga asal Kecamatan Ujung Pandang ini.

Ia pun kesal saat akan memasukkan data, server justru error. Ia menilai bukan internet yang tidak mampu melainkan server yang memang bermasalah.

“Istilahnya kanalnya yang ada dalam server kecil,” sambungnya.

Keluhan serupa dilontarkan Sumarni. Ia mengatakan, bahwa titik koordinat yang tercantum di laman web PPDB justru melenceng jauh dari alamat seharusnya.

“Titik koordinatnya tidak ditemukan, malah di laut, bahkan sampai di luar negeri,” ujarnya.

Untuk diketahui, pendaftaran PPDB online untuk jalur zonasi telah dibuka sejak 13 Juli. Tahap ini akan berakhir pada 18 Juli mendatang. (*)


BACA JUGA