Ketua Dekranasda Kota Makassar, Rossy Timur Wahyuningsih saat melihat produk buatan UMKM di Baruga Anging Mammiri Rujab Wali Kota Makassar, Jumat (24/7/2020)

Tingkatkan Kualitas UMKM, Rossy Ingin Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Sabtu, 25 Juli 2020 | 08:42 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Masa pandemi yang mengharuskan tetap di rumah tentunya menimbulkan kejenuhan jika tidak di isi dengan kegiatan yang menarik. Sekalipun di rumah saja, masyarakat di minta untuk tetap potensial menggali bakatnya agar dapat bernilai ekonomis.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) justru memiliki peran penting dalam menggerakkan ekonomi meski wabah belum juga berakhir. Bermodalkan keterampilan dan kemahiran tangan maupun dengan bantuan mesin, sebuah produk bisa di hasilkan dan di pasarkan secara online.

Melihat potensi pasar, Ketua Dekranasda Kota Makassar, Rossy Timur Wahyuningsih berupaya untuk meningkatkan kualitas UMKM di Makassar. Baik dari segi mutu, kualitas, tampilan dan juga pemasarannya. Hal ini terungkap saat berlangsungnya audiens bersama pengurus Dekranasda Sulsel juga para UMKM binaan Dekranasda Sulsel, Kamis (24/7/2020).

“Di Makassar ini banyak keterampilan yang di miliki. Bahan bakunya juga cukup mudah di dapatkan. Hanya memang perlu pelatihan agar produk yang di hasilkan bisa bervariasi dan bernilai jual tinggi. Ini peluang besar yang harus segera kita jemput dan tingkatkan,” ungkap Rossy.



Ketua Dekranasda Kota Makassar ini juga mengatakan jika UMKM dapat tumbuh dengan baik. Maka sudah jelas lapangan pekerjaan baru akan terbuka.

“Bayangkan saja jika UMKM tersebut menerima orderan dalam jumlah yang banyak. Tentu akan membutuhkan tenaga pekerja yang tidak sedikit pula kan. Nah olehnya itu, peluang lapangan kerja baru juga akan tercipta,” gumamnya.

Bincang lepas bersama pengurus Dekranasda Kota Makassar dan Pemprov Sulsel dan mendengarkan harapan para pengrajin itu berlangsung lancar. Lalu, Rossy turut berkeliling untuk melihat hasil karya UMKM yang sudah layak jual.(*)


BACA JUGA