Kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa Antang Makassar, Jumat (19/2/2016).

Relokasi TPA ke Pattalassang, DLH Makassar Berharap Segera Terealisasi

Selasa, 11 Agustus 2020 | 15:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar berharap relokasi TPA dapat terealisasi secepatnya. Sebab, TPA Tamangapa sudah tidak mampu menampung banyaknya sampah.

Hal tersebut disampaikan Plt Kepala DLH Makassar, Andi Iskandar. Ia mengatakan, bahwa TPA Tamangapa saat ini menerima sampah sebanyak 700 sampai 1000 Ton perharinya. Sementara lahan yang tersedia sudah tidak ada lagi.

“Kalau di sana itu (TPA Tamangapa), sudah over load, artinya sudah tidak memungkinkan lagi untuk di tambah” ujarnya, Selasa (11/8/2020).

Iskandar mengaku, jika relokasi TPA dari Tamangapa ke Kecamatan Pattalassang, Gowa merupakan solusi yang tepat. Apalagi, TPA yang akan diberi nama Mamminasata ini menjadi tempat pembuangan sekaligus pengolahan sampah modern.



“Iya kalau di sana pasti masalah sampah di Makassar pasti tidak ada lagi,” ungkapnya. 

Ia pun berharap pembangunannya dimulai sesegera mungkin. Sehingga, sampah lainnya bisa ditampung di tempat baru dan tidak memperparah kondisi TPA Tamangapa.

“Kita tunggu arahan saja, yah semoga bisa secepatnya,” harap Iskandar.

Wacana ini kembali mencuat. Ini setelah adanya pernyataan dari Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin.

Ia mengatakan bahwa TPA Tamangapa telah memenuhi persyaratan untuk tempat pembuangan sampah terpadu. Sejumlah investor pun disebut telah tertarik menggarap proyek ini.

“Sementara beberapa investor yang siap untuk melakukan pengolahan sampah kita di kawasan Pattalassang. Mudah-mudahan jadi, tapi bahwa investor masuk, itu perlu dukungan masyarakat, kadang kala hambatan kecil membuat investor banyak halangan untuk masuk,” kata Rudy, Senin (10/8/2020).


BACA JUGA