Kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa Antang Makassar, Jumat (19/2/2016).

DLH Makassar Segera Revisi Jadwal Angkut Sampah ke TPA

Jumat, 14 Agustus 2020 | 21:20 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar akan melakukan perubahan jadwal pengangkutan sampah. Ini menyusul adanya instruksi dari Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Kepala DLH Makassar, Andi Iskandar. Ia mengatakan, perubahan jadwal pengangkutan sampah akan dilakukan dengan mengkaji usulan jam dari Rudy.

pt-vale-indonesia

“Kalau kemarin instruksinya, jadwal dimulai malam hari dan tuntas pembuangannya sampai jam 05.00 WITA agar tidak ada mobil sampah pada siang hari,” ujarnya saat dihubungi, Jumat (14/8/2020).

Instruksi dari Rudy, beber Iskandar, akan disampaikan pada rapat koordinasi. Nantinya, para Kepala Seksi (Kasi) Kebersihan Kecamatan pun dilibatkan dalam rapat tersebut.

“Nanti dari hasil rapat lalu mengusulkan jadwal penjemputan dan pembuangan agar tidak bersamaan membuang di TPA yang bisa memacetkan jalur lalu lintas,” ujar Iskandar.

Untuk diketahui, DLH Makassar saat ini menetapkan jadwal pengangkutan sampah dari pukul 17.00 hingga 21.00 WITA. Namun, ini justru mendapat sorotan dari Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin.

Menurut Rudy, masih banyak mobil sampah yang berkendara di jam-jam saat warga sibuk beraktivitas. Ini dinilai justru dapat mengganggu mereka karena bau dari sampah itu.

“Kita pertajam jadwalnya, kalau kalau pagi itu masih banyak mobil sampai sementara orang-orang sudah beraktivitas,” keluhnya.(*)


BACA JUGA