Kantor PD Pasar Makassar Raya Kota Makassar/INT

Kampung Baru Disulap Jadi Pasar Modern, Ada Tempat Nongkrong Hingga Transaksi Serba Digital

Jumat, 21 Agustus 2020 | 18:29 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — PD Pasar Makassar Raya bakal membangun pasar modern pertama di Kota Makassar. Pasar Kampung Baru yang berlokasi di Jalan Pattimura, Kecamatan Ujung Pandang akan diubah menjadi pasar modern sekaligus objek wisata baru.

Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Makassar Raya, Basdir mengatakan, Pasar Kampung Baru dipilih menjadi pasar percontohan modern karena lokasinya strategis untuk para wisatawan. Pasar ini menjadi pusat oleh-oleh khas Makassar, diantaranya kerajinan dan makanan serta kue tradisional.

“Pasar modern ini nantinya tidak ada lagi transaksi manual. Namun pembayaran menggunakan sistem QR Code atau transaksi digital. Mudahnya lagi, nantinya orang bisa belanja dari rumah saja dan tinggal diantarkan,” kata Basdir.

Basdir menjelaskan, tak hanya teknologi transaksinya akan berubah, namun pembangunan fisiknya juga menjadi lebih ikonik. Selain itu, ruang terbuka hijaunya tetap diperhatikan. Sehingga para wisatawan betah berlama-lama di Pasar Kampung Baru.



“Kita juga bangun tempat nongkrong di lantai dua dengan konsep humanis. Selain untuk wisatawan, kita mencoba mengakomodir anak milenial. Nanti kita siapkan fasilitas agar mereka betah nongkrong di sana,” jelasnya.

Dikatakan Mantan Anggota DPRD Makassar ini, pembangunan masih dalam tahap proses penyelesaian kontrak lahan Pasar Kampung Baru oleh ketiga. Setelah itu, pihaknya, akan melakukan pengukuran ulang dan uji beton untuk melakukan pembangunan di sana.

“Insha Allah tahun ini kita mulai pembangunannya. Saya sangat berterimakasih semua pihak yang mendukung program ini terutama kepada Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin dan Ketua Dekranasda Sulsel, Liestiaty F Nurdin yang terus memberikan masukan untuk kami,” pungkasnya.(*)