Dua unit Damkar Makassar bersiaga di TPA Tamangapa

Musim Kemarau, DLH Makassar Antisipasi Kebakaran di TPA Tamangapa

Senin, 31 Agustus 2020 | 19:18 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kota Makassar telah memasuki musim kemarau. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pun mulai bersiaga untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa. 

Disampaikan Plt Kepala DLH Kota Makassar, Andi Iskandar, ada dua mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) yang telah ditempatkan di lokasi. Setiap harinya, kendaraan disiagakan mulai pagi hingga sore.

“Setiap hari ada dua unit Damkar parkir di sana,” katanya saat dihubungi, Senin (31/8/2020).

Menurut Iskandar, siang hari merupakan waktu yang paling rawan terjadi kebakaran. Sebab, panasnya terik matahari bisa saja memicu munculnya api dari sampah.



“Sampai sore, kan biasa takutnya di puncak panasnya tiba-tiba ada percikan api,” tambah Iskandar.

Kendati hanya sampai sore, akan tetapi pos Damkar yang berlokasi di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala bisa sewaktu-waktu dikerahkan. Ini apabila memang terjadi kebakaran di malam hari. 

Sementara itu, pihaknya telah melakukan antisipasi sejak awal Agustus. Ini merupakan instruksi langsung dari Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin bersama Dinas Damkar Makassar.

“Mulai agak panas cuaca, arahan dari Pak (Pj) Wali, Kadis Damkar. Kalau ada apa-apa bisa ditanggulangi,” tutupnya. 

Beberapa waktu yang lalu, kebakaran telah terjadi di sejumlah tempat di Kota Makassar. Total ada 32 kasus kebakaran sesuai data dari Damkar. Seperti di Pasar Senggol, Pannampu, dan Jalan Bandang.(*)


BACA JUGA