Ketua AUHM, Zulkarnain Ali Naru bersama pengurus SAPMA PP saat menyalurkan bantuan, Minggu (30/08/2020).

Di Pannampu dan Senggol, AUHM dan Sapma PP Makassar Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

Rabu, 02 September 2020 | 10:28 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Asosiasi Usaha Hiburan Makassar (AUHM) bersama Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma-PP) Kota Makassar menunjukkan kepeduliannya. Kedua pihak menyerahkan bantuan kebutuhan pokok kepada korban kebakaran di Pasar Pannampu dan Pasar Senggol, Minggu (30/08/2020).

Ketua AUHM, Zulkarnain Ali Naru mengatakan, bantuan pihaknya yang disalurkan bersama Sapma PP Kota Makassar merupakan wujud kepedulian  terhadap para korban atau warga yang mengalami musibah kebakaran. Di mana yang terjadi pada dua tempat berbeda beberapa waktu lalu.

“Bantuan yang kami salurkan ini berupa bahan pangan pada dua lokasi berbeda. Meski bantuan yang kami salurkan tidak seberapa nilainya, setidaknya kami berharap bisa meringankan beban para warga yang mengalami musibah kebakaran pada dua lokasi tersebut,” ungkap pria yang akrab disapa Zul ini.

Diketahui, Data Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar menyebutkan pasar yang terbakar tersebut adalah pasar tradisional Sambung Jawa dikenal dengan Pasar Senggol. Kemudian permukiman di belakang Pasar Pannampu.



Musibah ini hanya berselang beberapa jam. Dan jumlah kerugian total dari dua lokasi sebanyak 111 unit rumah dan kios.

Kebakaran di Pasar Senggol, Jalan Cenderawasih, Lorong 10, Kelurahan Sambung Jawa, Kecamatan Mariso terjadi pada Sabtu (22/8/2020) malam. Kejadian pukul 23.00 WITA. Objek yang terbakar sebanyak 36 rumah, dihuni 47 kepala keluarga dengan total 156 jiwa.

Jumlah armada pemadam yang diturunkan sebanyak 21 unit, dan api berhasil dikuasai pada pukul 01.00 WITA. Peristiwa ini mengakibatkan satu orang dilaporkan meninggal dunia diketahui bernama H Anwar, dan dua orang mengalami luka-luka dampak dari kebakaran tersebut.

Sementara itu, keesokan harinya kebakaran kembali terjadi di pasar Pannampu. Si jago merah menghanguskan sebanyak 101 rumah. Rumah yang hangus terbakar dan terdampak itu dihuni 132 kepala keluarga atau 535 jiwa. (*)

Tags:

BACA JUGA