Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal dan Fadli Ananda saat menyerahkan berkas pencalonan mereka di KPU Makassar, Jumat (4/9/2020)

Sempat Was-was, KPU Nyatakan ‘Dilan’ Penuhi Syarat Maju di Pilwalkot

Jumat, 04 September 2020 | 21:20 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal dan Fadli Ananda menjadi pendaftar ketiga di KPU Makassar, Jumat (4/9/2020). Mereka pun memenuhi syarat pencalonan dan syarat calon yang di syaratkan KPU. Syarat tersebut meliputi B1.KWK dan B.KWK. 

Pasangan berjargon Dilan ini berhasil memenuhi syarat usungan Partai B1.KWK dari 3 partai. Diantaranya, PDIP (6), Hanura (3) dan PKB (1). 

Ketiga partai tersebut telah memenuhi syarat yang diberikan KPU. Ialah 20 persen dari jumlah kursi Legislatif DPRD Kota Makassar. 

Pada pendaftaran dan penyerahan sempat ada sedikit ketegangan, pasalnya berkas B1.KWK Hanura sempat agak lama diperiksa oleh KPU. Namun, pada akhirnya berkas tersebut di sahkan oleh KPU Makassar dan diterima.



Hal tersebut disampaikan Komisioner KPU Makassar Bidang Teknis, Gunawan Mashar. Ia menyatakan bahwa berkas administrasi pasangan Dilan telah memenuhi berkas. 

“Setelah kami memeriksa syarat pencalonan dan syarat calon, pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal MI dan Fadli Ananda telah memenuhi syarat,” ujar Gunawan.

Senada dengan Gunawan, Ketua KPU Makassar, Farid Wajdi juga menyatakan bahwa KPU menerima syarat pencalonan dan syarat calon dari pasangan Dilan. Pihaknya pun akhirnya menerima berkas mereka.

“Kami melihat syarat pencalonan dan syarat calon lengkap, maka kami terima,” ujar Farid.

Syamsu Rizal dan Fadli Ananda sendiri datang ke KPU Makassar didampingi oleh Mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, Ketua DPC PDIP Makassar, Andi Suhada Sapaile, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Makassar, Mesakh Raimond Rantepadang. 

Selain itu datang pula, Ketua DPC Hanura Makassar, M. Yunus, Ketua DPC PKB Makassar, Fauzi Andi Wawo. Serta Ketua Tim Pemenangan Dilan Yagkin Padjalangi.(*)


BACA JUGA