Juru Bicara Dilan, Siti Misbach Azhari

Program Macca ala Dilan: dari Beasiswa hingga Wifi Gratis Tiap RT

Sabtu, 05 September 2020 | 22:20 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal-Fadli Ananda, memiliki segudang program pro-rakyat yang amat dinantikan. Salah satunya yakni program Macca atau Makassar Kota Cerdas dan Ceria. Program tersebut pertamakali dibocorkan oleh Dokter Pade-sapaan akrab Fadli Ananda, saat acara deklarasi lalu. Nah, seperti apa program Macca sesungguhnya?

Juru Bicara Dilan, Siti Misbach Azhari, menjelaskan program Macca adalah program besar dari salah satu pilar Makassar Kota Sombere yakni Makassar Maju. Melalui program ini, pasangan doktor dan dokter ingin memastikan tidak akan ada lagi masyarakat Makassar yang tertinggal dan terabaikan dari semua bidang kehidupan. 

“Program Macca bagian dari upaya mewujudkan visi Makassar Kota Sombere, dimana program ini perwujudan salah satu pilarnya yakni Makassar Maju. Program Macca ini masih terbagi lagi atas program-program, baik dari aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi dan keagamaan,” ucap mantan Jubir Gerakan Milenial Sulsel ini, Sabtu (5/9/2020).

Misi-sapaan karibnya, memaparkan garis besar program Macca terdiri atas Baruga Macca (Smart Network), Sekolah Sombere, Makassar Sehat Paripurna (Assauna), Makassar Bahagia Beradab dan Religi (Mabaji) dan Milenial Andal (Milea).



Pada program Baruga Macca, ia menyampaikan Dilan mencananna pemasangan wifi gratis di setiap kawasan RT. Langkah itu dilakukan guna memudahkan akses informasi dan edukasi bagi masyarakat. Terutama buat anak-anak, apabila pandemi Covid-19 berkepanjangan dan mengharuskan mereka belajar dari rumah. 

Lewat Baruga Macca, Dilan juga akan memberi subsidi pembayaran listrik, PDAM dan PBB pada sarana ibadah dan fasilitas pendidikan pra-sekolah, seperti PAUD, sekolah minggu, TK dan TPA. “Dilan juga akan memberikan beasiswa berprestasi bagi mahasiswa miskin setiap tahun yang tak dapat lanjut kuliah karena kekurangan biaya pendidikan,” ulas Misi. 

“Lalu disiapkan pula penghargaan khusus untuk siswa dan mahasiswa Makassar yang berprestasi,” sambung pengurus KNPI Sulsel ini. 

Program Baruga Macca, ia mengimbuhkan menopang program lainnya, Sekolah Sombere. Lewat program ini, Dilan berkomitmen menghadirkan guru berkualitas, sejahtera dan terlindungi. Pasangan representasi Muhammadiyah-Nahdlatul Ulama ini bahkan merancang pembangunan gedung guru. 

“Dilan ingin mewujudkan sekolah hebat, adil dan merata. Dengan begitu akan lahir siswa kreatif, juara dan berkarakter. Selain itu, kita juga akan memberi atensi sejak dini dengan melakukan pengembangan TK dan PAUS serta menyiapkan pendidikan remaja terampil siap kerja,” terang Misi. 

Selanjutnya, ia menyampaikan untuk program Makassar Sehat Paripurna akan fokus pada bidang kesehatan. Sedangkan program Makassar Bahagia Beradab dan Religi konsen pada bidang budaya dan keagamaan. Adapun program Milenial Andal berforkus pada bidang ekonomi yang menyasar kaum muda.(*)


BACA JUGA