PU LPM Profesi UNM, Muh Sauki Maulana saat melapor ke LBH Makassar, Rabu (9/9/2020)

Usut Tuntas Pelaku Penyerangan Redaksi, PU LPM Profesi Mengadu ke LBH

Rabu, 09 September 2020 | 21:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sabtu (5/9/2020) lalu, Redaksi LPM Profesi UNM telah diserang oleh orang tak dikenal (OTK). Kasus tersebut membuat Pemimpin Umum (PU) LPM Profesi, Muh Sauki Maulana mengambil jalur hukum.

Ia melaporkan penyerangan dan teror ini ke Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar, Rabu (9/9/2020). Kemudian meminta pendampingan proses hukum yang sedang ditangani Kepolisian Sektor (Polsek) Tamalate.

Dikatakan Sauki, melapornya ke LBH Makassar adalah sebagai bentuk sikap tegas untuk tetap mengawal kasus penyerangan ini. Menurutnya, kasus ini sudah masuk ranah kriminal.

“Sebagai bentuk keseriusan saya untuk mengusut tuntas kasus ini. Selain LBH saya juga melaporkan kasus ini ke AJI Makassar untuk sama-sama mengawal proses penyidikan,” katanya.

Wakil Direktur LBH Makassar, Abdul Azis Dumpa berkomitmen untuk mengawal kasus ini hingga pelaku ditangkap dan diadili. Penyerangan yang dialami jurnalis mahasiswa serupa dengan pengekangan kebebasan pers di dalam internal kampus.

Menurut Azis, LPM Profesi memberikan fakta-fakta sekaligus persoalan dalam pemberitaan di tabloid, yang jika dibiarkan dapat merusak internal kampus. Dan ini merupakan karya jurnalistik.

“Dari aduan permohonan, kami melihat ada dugaan pengrusakan itu terkait dengan pemberitaan. Harus diusut tuntas, karena ini soal kebebasan pers di kampus,” cetusnya.(*)


BACA JUGA