Ilustrasi Covid-19

Ahli Epidemiologi Sebut Covid-19 di Makassar Tetap Terkendali

Rabu, 16 September 2020 | 18:33 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pandemi Covid-19 yang merebak di Makassar hingga kini masih dikategorikan dapat dikendalikan. Pakar Epidemiologi FKM Unhas, Ansariadi menyebut angka penyebaran Covid-19 tak terlalu mengkhawatirkan. 

Apalagi, Ansariadi menyebut angka kematian semakin bisa ditekan. Dan kesembuhan pasien Covid-19 semakin bisa ditingkatkan. 

pt-vale-indonesia

“Kalau kita liat angka kesembuhan kita itu sebesar 70,9% dan angka kematian sebesar 3,5%, ini tidak terlalu mengkhawatirkan,” sebut Ansariadi di Posko Covid-19 Makassar, Senin (14/9/2020).

Sementara untuk angka penyebaran Covid-19 sendiri, ia mengatakan bahwa Makassar sejauh ini memiliki RT/R0 sebesar 1,1. Kategori angka tersebut menurut Ansariadi cukup besar, tetapi tak terlalu berbahaya.

Pihaknya juga melihat tren pertumbuhan Covid-19 per Kecamatan. Data dari pihaknya menunjukkan adanya peningkatan kasus pada 2 kecamatan berdampingan, yakni Biringkanaya dan Tamalanrea.

Olehnya itu, pihaknya menyarankan penerapan protokol kesehatan wilayah tersebut diperketat lagi. Sehingga, penyebaran Covid-19 bisa ditekan.

“Biringkanaya dan Tamalanrea perlu diperketat protokol kesehatan. Jika penggunaan masker ditekankan lagi, 90% penduduk Makassar efektif untuk menekan angka penyebaran,” tuturnya

Di sisi lain, kata ia, penyebaran juga perlu diwaspadai. Utamanya di wilayah yang memiliki padat penduduk, dan mobilitas tinggi.

“Jumlah penduduk di Kecamatan Tamalanrea tinggi sehingga angka penularan juga tinggi di Kec. Ujung Pandang penduduknya sedikit sehingga patut diwaspadai,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA