Rapat Paripurna DPRD, Adnan Sampaikan APBD Akan Fokus Untuk

Rabu, 23 September 2020 | 20:18 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

GOWA, GOSULSEL.COM – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa pada Penyerahan Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan APBD Pemkab Gowa Tahun Anggaran 2020. Kegiatan ini berlangsung, Senin (21/9/2020) di Kantor DPRD Gowa.

Bupati Gowa menyampaikan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa Tahun Anggaran 2020 akan difokuskan pada penanganan virus corona atau Covid-19.

pt-vale-indonesia

Adnan menyebutkan bahwa pada Ranperda APBD-P Tahun Anggaran 2020, dititikberatkan pada tiga komponen utama penanganan dampak pandemi Covid-19 yaitu pelayanan kesehatan, jaring pengaman sosial dan pemulihan ekonomi.

“Insya Allah ini merupakan langkah dalam pencegahan dan penanganan dari dampak bencana non alam Covid-19 yang merupakan bencana nasional non alam sebagaimana telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo,” jelas Adnan.

Ia menambahkan bahwa penyusunan APBD-P Tahun Anggaran 2020, didasarkan pada kebijakan daerah. Disesuaikan dengan kondisi perkembangan daerah dengan tetap mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Gowa Tahun 2020.

Dihadapan 35 anggota DPRD Kabupaten Gowa, Bupati Adnan berharap agar Ranperda APBD Perubahan Pemkab Gowa segera dibahas dan ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda).

Ketua DPRD Kabupaten Gowa, Rafiuddin menuturkan bahwa pihaknya akan segera melakukan pembahasan terhadap Ranperda APBD Perubahan tersebut untuk segera disahkan.

“Malam ini kita akan lakukan pemandangan umum fraksi-fraksi. Jadi mungkin hari Rabu kita akan mulai melakukan pembahasan, setelah itu baru kita sahkan,” pungkas Rafiuddin.

Dalam rapat ini, turut hadir Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gowa dan sejumlah Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Gowa.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan dan penetapan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran (PPA) Perubahan Tahun Anggaran 2020.(*)


BACA JUGA