Deng Ical saat menyapa warga.

Permudah Akses Informasi, Dilan Siapkan WiFi Gratis di Tiap RT

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 12:18 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Satu lagi program pasangan nomor urut tiga, Syamsu Rizal MI-Fadli Ananda, yang sangat dinantikan adalah pemasangan Wireless Fidelity (WiFi) gratis di setiap RT di Kota Makassar. Program koneksi internet gratis itu bagian dari upaya paket dengan akronim Dilan mempermudah akses informasi kepada warga sekaligus mendukung pendidikan di masa pandemi Covid-19.

Deng Ical-sapaan akrab Syamsu Rizal, menyampaikan pemasangan WiFi gratis di setiap RT adalah implementasi dari visi Dilan mewujudkan Makassar Kota Sombere’. Terdapat tiga pilar dalam Kota Sombere’ yakni Makassar Maju, Makassar Lestari dan Makassar Melayani. Nah, WiFi gratis tersebut implementasi dari Makassar Maju. 

Secara garis baris, kader tulen Muhammadiyah itu menjelaskan visi Makassar Maju berarti mewujudkan pembangunan inklusif. Yang di mana manfaatnya dirasakan oleh semua orang. 

Pemasangan WiFi gratis sendiri tertuang dalam program Makassar Cerdas dan Ceria (Macca). Diharapkan pihaknya keberadaan internet gratis di setiap RT akan berpengaruh pada peningkatan SDM. 



“Teknisnya nanti di setiap kawasan RT akan dipasangi WiFi gratis di tempat yang disepakati bersama,” ucap Mantan Wakil Wali Kota Makassar itu, Jumat (16/10/2020).

“Tujuan adanya WiFi gratis adalah untuk memudahkan akses informasi dan edukasi warga Kota Makassar yang muaranya demi peningkatan kualitas SDM kita,” lanjutnya.

Program WiFi gratis itu, Deng Ical melanjutkan juga wujud komitmen dan dukungan Dilan. Ini terhadap dunia pendidikan. 

Terlebih, di masa pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan berakhir, dimana siswa dan mahasiswa kebanyakan belajar daring. Bila mengandalkan kuota internet pribadi tentunya akan sangat boros dan membebani keluarga peserta didik. 

“Ya program WiFi gratis ini memang paling ditunggu bagi kami di kalangan milenial. Manfaatnya langsung dirasakan, kalau mau kuliah daring atau kirim tugas, tidak lagi repot harus keluarkan uang beli paket internet atau ke kafe yang ada internet gratisnya. Kalau Dilan menang, cukup di lingkungan masing-masing sudah ada WiFi gratis,” tandasnya.(*)


BACA JUGA