Polisi berbincang dengan kedua orang tua MI, siswi SMA Negeri 8 Gowa yang bunuh diri dengan minum racun rumput di Desa Bilalang, Kecamatan Manuju, Gowa, Selasa, 20 Oktober 2020.

Siswa di Gowa Tewas Minum Racun, Kepsek Tak Yakin Karena Beban Tugas

Selasa, 20 Oktober 2020 | 20:59 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM– Kasus bunuh diri yang dilakukan siswi SMA Negeri 18 Gowa, MI (16 tahun) karena diduga depresi dengan tugas pembelajaran online diragukan oleh pihak sekolahnya.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 18 Gowa, Abd Rahman meyakini, MI nekat mengakhiri hidupnya dengan minum racun rumput bukan karena terbebani pembelajaran online. Akan tetapi diduga ada motif lain.

pt-vale-indonesia

“Saya meyakini 2000 persen bukan masalah itu (terbebani pembelajaran online,red). Tetapi ada motif lain. Soal dugaan motifnya, itu menjadi ranah polisi,” tegas Rahman kepada Go Cakrawala via selular, Selasa, (20/10/2020)

Rahman memaparkan, selama pandemi Covid-19, pihaknya tidak melaksanakan metode pembelajaran online. Melainkan metode luar jaringan (luring) melalui modul. Metode luring ini ditempuh, lantaran sebagian besar siswanya berdomisili di daerah yang tidak terjangkau jaringan. 

Rahman menyebut, dari total 326 siswa SMA Negeri 18 Gowa, 75 persen diantaranya sulit mengakses jaringan. “Metode luring melalui modul. Guru mengunjungi perwakilan siswa dan memberikan modul,” ungkap dia.

Rahman juga mengungkapkan, dari awal telah menekankan kepada guru-guru agar tidak memberikan pembelajaran yang bisa membuat siswa merasa terbebani. 

“Tadi kami rapat lagi dengan guru-guru. Di rapat itu kembali saya tekankan soal arahan Mendikbud. Agar tidak memaksakan mencapai target kurikulum dengan kondisi seperti ini (Corona,red),” terangnya.

Atas nama sekolah, Rahman merasa terpukul atas kematian almarhumah MI. Kematian siswi Kelas XI IPA2 SMA Negeri 18 Gowa itu menyisakan duka mendalam.

Tadi siang, Rahman bersama Kasat Reskrim Polres Gowa, AKP Jufri Natsir dan Kapolsek Manuju, Ipda Jamaluddin menyambangi kediaman almarhumah MI di Desa Bilalang, Kecamatan Manuju untuk mengucapkan belasungkawa. (*)


BACA JUGA