DPRD Gorontalo Belajar Pengelolaan IPAL Komunal di Dinas PU Makassar

Kamis, 22 Oktober 2020 | 10:51 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Komisi C DPRD Gorontalo menyambangi Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Kamis (22/10/2020). Kunjungan itu dalam rangka sharing informasi terkait pengelolaan IPAL Komunal.

Kunjungan Komisi C DPRD Gorontalo dipimpin langsung Ketus Komisi C Siadauri bersama lima anggota dan staf dan diterima langsung Kepala Seksi Sanitasi dan Air Bersih Nuraeni Bakiman dan dihadiri Kepala UPT PAL Kerlinus B.

pt-vale-indonesia

Sekadar informasi, Kota Gorontalo sudah ada terbangun beberapa titik IPAL Komunal tetapi dari segi pemanfaatan belum maksimal.

Dimana sebagian masyarat belum mengetahui dampak air limbah terhadap lingkungan sekitar. Dengan adanya kunjungan ini diharapkan sharing dan masukan pengelolaan IPAL komunal di Gorontalo nantinya.

Sementara itu, Humas Dinas PU Makassar Hamka Darwis mengatakan, dalam pertemuan tersebut pihak Dinas PU menjelaskan bahwa di Kota Makassar sendiri sistem pengolahan air limbah ada IPLT, sementara ini progres pembangunan jaringan perpipaan IPAL Losari (Skala Kota).

“Untuk IPAL komunal sudah terbangun kurang lebih 150 titik tersebar di beberapa kelurahan. Pada Dinas PU untuk pembangunan fisik di bidang sedangkan untuk pengelolaan pasca konstruksi oleh UPT PAL,” katanya.

Sehingga, kata dia, untuk menjaga keberlanjutan pemanfaatannya di lakukan sosialisasi berkala oleh UPT PAL terkait bagaimana pengelolaan air limbah di masyarakat termasuk operasional dan pemeliharaannya.

“Untuk itu dengan terbentuknya unit teknis pengelola (UPT) diharapkan pengelolaan air limbah pasca konstruksi tetap terjaga keberlanjutannya dengan adanya monitoring, O dan M, pembinaan dan sosialisasi terkait pengelolaan air limbah domestik,” jelasnya.(*)


BACA JUGA