Program Sambungan PDAM Gratis ala DILAN Ditunggu Warga Pinggiran

Sabtu, 21 November 2020 | 15:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemenuhan kebutuhan layanan air bersih menjadi salah satu problematika klasik di Kota Makassar. Sejumlah wilayah di ibukota provinsi Sulsel diketahui masih kerap dilanda krisis air bersih. Belum lagi, persoalan sambungan air bersih dari PDAM yang belum menjangkau seluruh wilayah, khususnya di daerah pinggiran, seperti di Kecamatan Manggala dan Kecamatan Biringkanaya.

Ibu Rumah Tangga di BTP, Kecamatan Tamalanrea, Devi Anggaini Saputri, mengungkapkan pihaknya kini menaruh harapan pada pasangan calon nomor urut 3, Syamsu Rizal-Fadli Ananda (DILAN). Hanya pasangan doktor dan dokter itu yang punya program solutif dalam pemenuhan air bersih. Mulai dari sambungan gratis PDAM hingga pipanisasi dan pengerahan mobil tangki di wilayah krisis air bersih.

“Saya dan warga sekitar sudah lihat program-program paslon soal pemenuhan layanan air bersih. Ya cuma DILAN yang memang paling progresif dan komprehensif. Kita sangat menantikan dan sudah tidak sabar ingin program sambungan air gratis dan pipanisasi dari DILAN segera direalisasikan,” ujarnya mewakili suara warga panggiran, Sabtu (21/11/2020).

Lebih lanjut, Devi mengaku bersama keluarga dan masyarakat sekitar siap memenangkan DILAN agar program sambungan gratis dan pipanisasi PDAM dapat diwujudkan. Musababnya, sudah sejak lama pihaknya mengeluhkan soal sulitnya sambungan air bersih di wilayahnya, tapi tidak juga didengar.



“Makanya ini kesempatan bagi kita, khususnya warga pinggiran agar akses air bersih dapat juga kita nikmati. Saya punya keyakinan, DILAN mampu merealisasikan program-programnya, termasuk dalam hal pemenuhan air bersih,” ungkap dia.

Hal serupa disuarakan Rina Anggriany, warga Kecamatan Biringkanaya, yang berharap DILAN menang dan segera merealisasikan sambungan gratis PDAM dan program lain terkait layanan pemenuhan kebutuhan air bersih. Menurutnya, persoalan air bersih ini sangat krusial dan menjadi pekerjaan rumah wali kota terpilih.

“Kami sangat berharap wali kota terpilih menaruh perhatian kepada warga pinggiran atau yang jauh dari pusat kota. Banyak hal yang harus dibenahi, termasuk soal pemenuhan kebutuhan air bersih. Ya kami di sini sih mendoakan DILAN yang menang karena programnya jelas dan solutif, ada sambangun gratis PDAM dan program lain mengatasi krisis air bersih,” terang warga Mangga Tiga, Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya itu.

Deng Ical-sapaan akrab Syamsu Rizal, sebelumnya mengungkapkan pihaknya memiliki program membebaskan sementara pembayaran PDAM dan retribusi lainnya pada usaha yang terdampak langsung pandemi korona. Selain itu, DILAN juga mencanangkan berbagai program dalam mengatasi krisis air bersih.

Menurut Deng Ical, pihaknya sudah melakukan pemetaan wilayah yang menjadi langganan krisis air bersih tatkala musim kemarau. Di antaranya yakni di wilayah timur dan utara Kota Makassar meliputi Barombong, Untia dan Ujung Tanah. Umumnya daerah itu mengalami krisis air bersih karena belum terjangkau pipanisasi PDAM.

“DILAN punya program PESIAR atau pasokan air bersih yang berkelanjutan. Lewat program itu, kita akan memastikan daya jangkau pemenuhan kebutuhan layanan air bersih PDAM pada wilayah yang belum terjangkau pipanisasi, utamanya wilayah Utara dan Timur Kota Makassar,” ujar dia.

Kader tulen Muhammadiyah itu mengimbuhkan sembari menunggu pipanisasi diselesaikan, DILAN juga sudah menyiapkan langkah alternatif. Pihaknya akan mengerahkan mobil tangki PDAM di titik rawan krisis air bersih. Deng Ical menegaskan segala persoalan pasti dapat teratasi, selama ada komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.(*)


BACA JUGA