Kepala Satpol PP Kota Makassar, Iman Hud

Meluas Hingga ke Makassar, Satpol PP Copot Baliho Rizieq Shihab

Minggu, 22 November 2020 | 21:23 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Aksi pencopotan Baliho Rizieq Shihab juga berlangsung di Kota Makassar. Sejumlah alat peraga yang terpasang di beberapa ruas jalan ini diturunkan oleh Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Makassar.

Disampaikan Kepala Satpol PP Kota Makassar, Iman Hud, pihaknya tak ingin ada kerusuhan yang sama seperti di Jakarta. Olehnya itu, baliho Rizieq Shihab dilepas agar tidak dibakar oleh segelintir orang.

“Kita tidak ingin peristiwa yang di Jakarta tidak merembes di Makassar. Sekarang kan di Jakarta ribut, ada segelintir orang yang bakar fotonya habib,” ungkap Iman, Minggu (23/11/2020).

“Yang kedua bukan dengan kebencian, semata mata menjaga keutuhan NKRI semua orang bisa khilaf. Panglima bisa khilaf, habib bisa khilaf. Kita sebagai manusia harus saling memaafkan,” sambungnya.



Dijelaskan Iman, penurunan baliho itu sebelumnya telah dikomunikasikan dengan Front Pembela Islam (FPI) Makassar. Lalu dilakukan secara sopan dan humanis. Serta sesuai dengan tupoksi kerja dari Satpol PP Makassar.

“Ini juga kita komunikasi kan dengan Ustaz Agus, dia sangat merespon dengan baik, baliho yang dicabut saya lipat rapi kemudian saya antar ke rumahnya ustaz,” beber Iman.

Tindakan tersebut, kata Iman, mendapat respon positif dari pihak FPI. Bahkan, mereka juga bakal menurunkan sendiri baliho yang tidak sempat diturunkan oleh Satpol PP.

“Itu FPI dengan tulus saya turunkan, dan masih ada yang belum turun, dia yang mau turunkan. Yang lain yang belum kita turunkan kita komunikasikan ke FPI,” ucap Iman.

Iman juga menambahkan bahwa penurunan baliho sudah sesuai dengan tupoksi kerja dari Satpol PP. Ini berdasarkan perintah dari pimpinan pusat.

“Alasannya bahwa kita melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab kita masing masing karena itupun juga disampaikan oleh pemimpin besar di Jakarta bahwa itu kewenangan satpol PP,” imbuhnya. 

Dari tindakan tersebut, setidaknya ada tiga baliho yang diturunkan Satpol PP Makassar. Di mana tersebar di tiga wilayah.

“Itu baliho di Mamajang saya kasi turun 17.00 WITA kemarin, ada tiga tadi siang juga. Ada Jalan Gunung Bawakaraeng, sama Taman Bawakaraeng,” tutup Iman. (*)


BACA JUGA