Daeng Suba, seorang warga di kawasan lorong Jalan Rajawali mendukung paslon nomor urut 3, Syamsu rizal-Fadli Ananda

Daeng Suba Sebut DILAN Pemimpin yang Peduli Warga Miskin

Selasa, 01 Desember 2020 | 20:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Bukan hanya kelompok milenial, kalangan emak-emak juga tidak mau ketinggalan memberikan dukungan kepada Calon Wali Kota dan Wali Kota Makassar nomor urut 3, Syamsu Rizal-Fadli Ananda (DILAN). Mereka mendukung pasangan doktor dan dokter itu karena peduli dan punya program yang sangat berpihak kepada masyarakat, khususnya para ibu rumah tangga (IRT).

Daeng Suba misalnya. Emak-emak yang tinggal di kawasan lorong Jalan Rajawali itu mengaku mantap mendukung dan memenangkan DILAN. Meski digoda paslon lain, ia tidak akan goyah dalam memenangkan pasangan usungan PDIP, Hanura dan PKB tersebut. Musababnya, ia tahu DILAN merupakan pilihan terbaik untuk Kota Makassar.

Daeng Suba mengaku Pilwalkot Makassar 2020 bukanlah ajang ‘memilih kucing dalam karung’. Olehnya itu, pilihan harus benar-benar didasarkan pada logika dan pengalaman. Nah, DILAN, khususnya Deng Ical-sapaan akrab Syamsu Rizal, kata Daeng Suba, sudah dikenalnya dan memiliki karakter yang sangat baik. 

Daeng Suba mengaku sempat beberapa kali berinteraksi dengan Deng Ical saat masih menjabat Wakil Wali Kota Makassar. Tak seperti pejabat lain yang terkadang arogan, Deng Ical sangat ramah. Benar-benar asli sombere’ dan peduli. Bahkan, berkat Deng Ical, dirinya dan orang-orang kecil tidak diperlakukan semena-mena dan diusir dari Anjungan Losari.



“Kusakaki DILAN, apalagi Deng Ical. Beliau sosok pemimpin untuk semua, termasuk untuk orang-orang kecil, pemimpin yang peduli dengan orang miskin. Berkat Deng Ical, saya dan orang-orang di Anjungan Losari tidak diperlakukan semena-mena, tidak diusir,” kenang Daeng Suba, Selasa (1/12/2020).

Sebelumnya, emak-emak lain di Kecamatan Wajo juga menyatakan dukungan kepada DILAN. Bahkan, seorang di antaranya bernama Ramlah alias Malla, bernazar puasa tiga hari jika kelak jagoannya memenangkan Pilwalkot Makassar 2020.

“Ini perjuangan semua yang ingin melihat orang baik memimpin. Saya DILAN tobatma sama yang lain. Saya puasa 3 hari kalau DILAN menang,” tegas Malla yang mengaku tidak akan berhenti mengajak warga lain pilih DILAN pada 9 Desember mendatang. 

Anggota DPRD Makassar dari Fraksi PDIP, Galmerrya Kondorura, mengungkapkan masifnya dukungan kalangan emak-emak untuk DILAN dipengaruhi berbagai faktor. Mulai dari program yang sangat peduli dan berpihak kepada kaum hawa, utamanya para IRT hingga karakter paslon yang memang sombere’ sehingga disukai oleh kalangan emak-emak.

“Kalau bicara program ya DILAN paling peduli dan berpihak ke kaum hawa. Ditambah lagi, paslon ini tahu menghargai perempuan, tidak malah mengecewakannya,” ucap dia.

Adapun program DILAN yang pro-kaum hawa, antara lain yakni bantuan untuk perempuan kepala rumah tangga miskin. Program tersebut satu paket dengan bantuan untuk lansia, dimana penerima bantuan akan diberikan kartu ATM. Lalu, ada program Lahan Kosong Produktif atau La Kopi yang dapat dioptimalkan emak-emak untuk menyokong ekonomi dan ketahanan keluarga.

Selanjutnya, program-program umum DILAN pun berdampak positif untuk emak-emak. Galmerrya mencontohkan program WiFi gratis di tiap RT dan laptop gratis di rumah tangga yang memiliki anak sekolah. Program itu akan meringankan beban emak-emak dalam memenuhi kebutuhan dasar sang anak untuk mengenyam pendidikan, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Begitu pula dengan program Dokter di Setiap RW, Galmerrya menyampaikan bila direalisasikan akan sangat membantu emak-emak. Musababnya, tatkala anak sakit biasanya sang ibu yang paling sibuk menjaga dan merawat anak. “Ya, tak heran bila emak-emak banyak dukung DILAN, itu karena mereka tidak sabar program DILAN direalisasikan,” tukasnya.(*)


BACA JUGA