Penulis buku asal Sulsel, Abd Rasyid Idris

Penulis Buku Anging Mammiri Sebut DILAN Pemimpin Berkarakter Bugis-Makassar

Kamis, 03 Desember 2020 | 10:31 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Penulis buku asal Sulsel, Abd Rasyid Idris, tidak mau ketinggalan mendukung wali kota sombere’. Ya, Rasyid menyatakan pilihannya pada Pilwalkot Makassar 2020 jatuh kepada paslon nomor urut 3, Syamsu Rizal-Fadli Ananda. Paslon yang dikenal dengan akronim DILAN itu dinilainya merupakan paket terbaik dan ideal untuk memimpin Kota Makassar.

Penulis buku ‘Anging Mammiri’ itu mengaku terpikat dengan DILAN karena melihat figuritas Deng Ical-sapaan akrab Syamsu Rizal, dan Dokter Fadli-panggilan karib Fadli Ananda, yang sangat menjanjikan. Keduanya merupakan sosok cerdas dengan akhlak terpuji. Tidak banyak yang tahu memang, mereka juga berstatus dosen, dan bahkan masih aktif membimbing mahasiswa di tengah kesibukan kampanye.

“Ditambah lagi¬†keduanya sama-sama sombere’, makanya julukan Sombere’na Makassar melekat kepada DILAN. Nah, bermodal itu semua, saya yakin Kota Makassar akan sejahtera, maju dan berkembang bersama DILAN,” ujar Rasyid yang juga penulis buku ‘Manafsir Kembali Indonesia’, Rabu (2/12).

Lebih jauh, hal lain yang membuat Rasyid kepincut dengan DILAN adalah visi dan gaya kepemimpinan khas Bugis-Makassar. Ia menyebut visi dan program DILAN paling mengedepankan kearifan lokal. Hal itu terlihat dari visinya mewujudkan Makassar Kota Sombere’. Lalu, penamaan programnya sengaja dibuat menggunakan akronim bahasa daerah agar masyarakat lebih dekat.



Ia juga mengamati dalam setiap debat, DILAN tidak pernah lupa menonjolkan citra Bugis-Makassar sebagai simbol atau penanda. Dan, yang paling penting adalah sikap dan pembawaan Deng Ical dan Fadli Ananda yang memegang teguh prinsip-prinsip Bugis-Makassar. Keduanya sangat menjunjung tinggi prinsip sipakatau, sipakainge dan sipakalebbi serta taro ada taro gau.

“Dari empat paslon, yang paling mencerminkan pemimpin Bugis-Makassar ya DILAN. Hal itu ditunjukkan dalam program dan sikap sehari-hari. Makanya, tidak ada keraguan untuk mendukung dan memenangkan DILAN. Itu karena DILAN memiliki mimpi yang sama dengan rakyatnya dan seperti itulah seharusnya pemimpin, sebagaimana yang disampaikan Karaeng Pattingalloang,” tutupnya.(*)


BACA JUGA