Nipah Mall melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan mal

Seluruh Mal Milik Kalla Inti Karsa Terapkan Prokes Covid-19 dan 3M

Jumat, 18 Desember 2020 | 21:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Fotografer: Erik Didu - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Secara konsisten seluruh unit mal di bawah naungan PT Kalla Inti Karsa melakukan penerapan secara serius dan kontinu terkait protokol kesehatan Covid-19 dan penerapan 3M. Hal ini berlaku untuk semua unit, baik Nipah Mall maupun Mal Ratu Indah.

Mengingat pandemi Covid-19 yang sudah menginjak 10 bulan lamanya dan tren peningkatan kasus yang masih fluktuatif, maka sebagai bentuk keseriusan manajemen mal dalam merespon hal tersebut dan rasa tanggung jawab serta kepedulian terhadap kondisi kesehatan pengunjung, karyawan mal, tenant, sekaligus upaya dalam membantu menekan jumlah penyebaran virus Covid – 19 terus  dilakukan secara konsisten.

Richard Abraham selaku Property Management Division Head PT Kalla Inti Karsa mengatakan, “Semua upaya yang kami lakukan bukan hanya untuk keselamatan dan kesehatan seluruh tim internal mal melainkan juga untuk seluruh pengunjung. Semenjak Pemerintah Republik Indonesia secara resmi mengeluarkan informasi terkait kasus Covid-19 yang terindentifikasi di Wilayah Indonesia, berbagai himbauan sekaligus tindakan pencegahan penyebaran virus Covid-19 telah terealisasi dalam lingkungan manajemen unit Nipah Mall dan Mal Ratu Indah untuk mengurangi resiko penularan dan penyebaran. Dari awal hingga saat ini kami berkomitmen penuh untuk tetap mendukung keputusan dan program pemerintah dalam menghentikan laju pertambahan kasus positif Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, Richard menambahkan bahwa Manajemen mal juga terus menyediakan fasilitas untuk mendukung kehidupan “new normal”.



“Kami telah memberlakukan check in-out system pada unit Nipah Mall dan Mal Ratu Indah. Selain sebagai record people counting, secara real time dapat diketahui jumlah pengunjung yang berada dalam gedung dengan suhu tubuh setiap orang. Hal ini memudahkan kami dalam melakukan pengendalian jumlah pengunjung sehingga jarak tetap aman antara satu dengan yang lainnya. Pengunjung pun merasa lebih nyaman dalam melakukan aktivitas berbelanja,” tambahnya.

Petugas keamanan yang berjaga pada setiap akses pintu mal akan mengarahkan pengunjung untuk melakukan scan barcode sebelum memasuki area mal. Dimana QR code telah terpasang pada setiap akses pintu. Pengunjung melakukan pengisian formulir daring check-in dan setelah itu memperlihatkan kepada petugas.

Selanjutnya dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh petugas, kemudian pengunjung menambahkan informasi tambahan berupa data suhu tubuh ke dalam formulir daring check-in tersebut. Hal serupa kembali dilakukan pengunjung mal ketika akan meninggalkan area atau check-out, namun dengan format pengisian yang lebih singkat.

Beberapa fasilitas mal lainnya berupa perangkat touchless tanpa harus menyentuh juga diterapkan pada elevator atau lift, tombol tiket pada loket parkir, hingga wastafel yang tersedia pada setiap akses pintu mal. Serta penyemprotan disinfektan/cold fog secara rutin dan berkala diseluruh area dan fasilitas publik seperti masjid, railing, escalator, elevator, toilet dan setiap koridor. Penyemprotan dilakukan 4 kali sehari; pagi hari sebelum mal beroperasi, siang hari, sore hari dan malam hari pada saat mal tutup.

Informasi protokol jaga jarak pun tersebar hampir diseluruh titik di Nipah Mal dan MaRI yang dilakukan secara masif, baik offline maupun online (media sosial). Selain itu, lebih dari 30 titik hand sanitizer disiapkan oleh Manajemen yang tersebar diseluruh area mal khususnya akses masuk, lift dan akses toilet.

Antisipasi bersama juga dilakukan tim Operasional bersinergi dengan TNI dan Polri untuk memperketat dan mengawal protokol kesehatan dengan mewajibkan penggunaan masker di area dan physical distancing.

“Pendisiplinan protokol kesehatan berupa pemantauan langsung yang dilaksanakan oleh TNI, Polri, maupun Inspektur Covid-19 Makassar yang merupakan gabungan Satpol PP, Dishub, dan OPD Kota Makassar mendapat dukungan penuh oleh manajemen Mal Ratu Indah dan Nipah Mall. Pemantauan dilakukan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan dengan maksimal dan konsisten,” pungkas Richard.(*)


BACA JUGA