Ketua Tim Epidemiologi Covid-19 Makassar dari Universitas Hasanuddin, Ansariadi/INT

Jika PSBB Makassar Kembali Berlaku, Pasokan dan Harga Pangan Dipastikan Aman

Sabtu, 09 Januari 2021 | 21:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kabar akan diterapkannya kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Makassar terus mencuat. Ini setelah adanya instruksi dari pemerintah pusat untuk menekan kasus Covid-19 yang terus meningkat, termasuk di Makassar.

Kabarnya, Pemkot segera memutuskan terkait apakah diterapkan atau tidak. Namun, Ahli Epidemiologi Satgas Covid-19 memprediksi jika kebijakan tersebut kemungkinan diterapkan.

“Jadi sebelum pusat putuskan kita di Makassar sudah prediksi itu. Beberapa hari lalu kita sudah wacanakan Makassar akan PSBB jika kasus terus mengalami peningkatan,” kata Ketua Tim Ahli Epidemiologi Satgas Covid-19 Makassar, Ansariadi, Sabtu (9/1/2021).

Ansariadi juga mengaku kepastian PSBB di Makassar dilaksanakan atau menggunakan alternatif lain akan di umumkan 2 hari ke depan. Atau Senin (11/1/2021) bersamaan.

Apabila nantinya PSBB kembali diterapkan, pasokan dan harga pangan menjadi sorotan. Sejak diberlakukannya PSBB di sejumlah daerah pada waktu lalu, persoalan ini terjadi.

Pasalnya, selama PSBB, banyak warga yang bakal terdampak. Pemenuhan kebutuhan pangan menjadi hal yang terpenting, mengingat pembatasan aktifitas sudah berlaku. 

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar memastikan bahwa pasokan dan harga pangan tetap aman. Sehingga krisis pangan yang di wanti-wanti tak perlu dicemaskan.

Kepala Bidang (Kabid) Kerawanan, Distribusi, dan Cadangan Pangan DKP Kota Makassar, Muh Ashari mengungkapkan, pasokan 11 komoditas pangan aman terkendali. Terkhusus bahan pokok yakni beras.

“Beras kita dari APBD Pemkot ada 13 ton, lalu dari pemerintah pusat 100 ton. Di Bulog juga ada ketersediaan 5000 ton,” ungkapnya saat dihubungi, Sabtu (9/1/2021).

“Dan 11 komoditas pangan yang lain cukup semua ji, banyak. Kalau PSBB nanti, masyarakat tidak perlu khawatir untuk berbondong-bondong belanja,” sambungnya.

Sementara harga pangan, stabilitas tetap terjaga. Meski ada beberapa yang naik seperti Cabai Besar Merah menjadi Rp40 ribu, namun dirinya memastikan jika harganya akan kembali turun.

“Tidak ada, tetap ji stabil harga untuk 11 bahan pokok. Itu pun kalau ada yang naik itu karena musim hujan. Jadi tidak ada persolan,” pungkas Ashari.(*)


BACA JUGA