Bawang merah

Harga Komoditas Pangan Makassar Stabil, Bawang Merah dan Cabai Rawit Cenderung Naik

Rabu, 13 Januari 2021 | 19:17 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sejumlah harga pangan yang masuk dalam 11 komoditas pokok di pasar Kota Makassar masih stabil di awal tahun 2021 ini. Kendati begitu, ada dua pangan yang cenderung mengalami kenaikan harga.

Disebutkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar, Sri Sulsilawati, dua pangan yang dimaksud ialah Bawang Merah dan Cabai Rawit. Per tanggal 13 Januari, keduanya terpantau mengalami kenaikan harga di awal tahun ini.

Bawang merah yang sebelumnya berkisar Rp 26.000 kini menjadi Rp 30.000 per kilogram (Kg). Sedangkan cabai rawit, dari Rp 40.000 naik Rp 55.000 per kg.

“Ketersediaannya masih mencukupi. Namun dari segi harga komoditas bawang merah dan cabai memang mengalami kenaikan harga,” sebut Sri saat dihubungi, Rabu (13/01/2021).



Ia menyebut faktor cuaca menjadi penyebab harga pangan tak menentu. Pasalnya, produksi pangan kerap menurun apabila hujan sedang mengguyur, terlebih jika intensitasnya lagi tinggi. 

“Faktor iklim cuaca ekstrim biasanya menyebabkan penurunan produksi. Dan adaptasi terhadap perubahan ini dengan menggalakkan program diversifikasi pangan melalui pemanfaatan lahan-lahan pekarangan masyarakat,” sambungnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan (Disdag) Makassar, Sri Rezeki juga tak menampik. Harga pangan memang kerap naik karena faktor cuaca.

Kenaikan harga itu juga diberikan para pedagang. Pasalnya, mereka di pasaran membelinya di harga yang naik. 

“Jadi otomatis harga jualnya juga mengalami kenaikan. Karena kenaikan harga dipengaruhi oleh faktor cuaca,” tutup Sri. (*)


BACA JUGA