Seorang pedagang sedang menjajakan dagangannya di Pasar Tradisional Tamalanrea, di Bumi Tamalanrea Permai (BTP), kota Makassar.

Antisipasi Sembako Langka Jelang Ramadhan, Disdag Segera Gelar Operasi Pasar

Kamis, 01 April 2021 | 10:04 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Ramadhan tak lama lagi. Seiring dengan itu, pemenuhan kebutuhan masyakarat terhadap sembako juga tinggi saat bulan puasa tiba.

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar mulai melakukan antisipasi. Pihaknya bakal menggelar operasi pasar.

Hal itu disampaikan Kepala Disdag Kota Makassar, Andi Muhammad Yasir. Operasi, kata dia, dilakukan untuk memastikan ketersediaan sembako di seluruh pasar.

“Minggu ini mungkin kita sudah mulai operasi pasar, utamanya cabe. Kita baru mau koordinasi dengan Bulog. Bulog-kan pengadaan cabe,” akui Yasir, Rabu (31/03/2021).

Begitu pula dengan antispasi lonjakan harga sembako di saat bulan Ramadhan. Ia mengatakan bahwa hal itu juga ditindaki. Namun tidak untuk saat ini.

“Yang jelas ada kenaikan signifikan itu cabe. Kalau lain masih terkendali. Ini yang akan dikoordinasikan dengan Bulog terkait kelangkaan cabe,” jelasnya.

Apabila ada laporan perihal kelangkaan sembako, pihaknya bakal berkoordinasi dengan para distributor pemasok sembako. Adapun dengan maksud untuk menambah stok.

“Kalau sembako kan gula pasir, minyak goreng, itu ada distributornya. Insha Allah aman, kita tanya (Dinas) Ketahanan Pangan,” tandas Yasir. (*)


BACA JUGA