Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin saat ditemui di Baruga Anging Mammiri Rujab Wali Kota Makassar, Senin (18/01/2021)

Pemkot Siap Tampung Pengungsi Korban Gempa Sulbar, Asal Bebas Covid-19

Senin, 18 Januari 2021 | 14:36 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar siap menampung pengungsi korban gempa Sulawesi Barat (Sulbar). Hal tersebut disampaikan oleh Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin.

“Jadi kita harus dukung. Kasian saudara-saudara kita yang mengalami kesulitan di daerah lain,” kata Rudy saat ditemui di Baruga Anging Mammiri Rujab Wali Kota Makassar, Senin (18/1/2021).

Menurut Rudy, selama Makassar bisa membuat nyaman para pengungsi dari Sulbar, maka Pemkot akan menyediakan fasilitas. Ia pun memastikan agar mereka bisa nyaman selama mengungsi.

“Kita siapkan fasilitas untuk menjamin bahwa pengungsi itu bisa tinggal nyaman dan sehat,” sambung Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel ini.

Rudy mengatakan bila pengungsi menganggap Kota Makassar itu bisa membuat dia lebih baik, pihaknya tak punya alasan untuk menolak. Namun, mereka mesti menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Kita akan terima, tetapi tentu yang terpenting protokol kesehatan harus kita jaga,” jelas Rudy.

Namun pandemi Covid-19 masih terjadi, di mana Makassar menjadi salah satu pusat episentrum penularan Covid-19 di Sulsel, Rudy menyatakan terlebih dahulu para pengungsi harus di screening. Termasuk melakukan pemeriksaan rapid tes antigen. 

“Bagi pengungsi yang masuk itu sebaiknya dilakukan untuk memastikan pengungsi itu masuk dalam kondisi bebas Covid-19 atau bebas dari terpapar Corona,” tutupnya.(*)


BACA JUGA