Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin saat melihat para pengungsi banjir Perumnas Antang, Rabu (20/1/2021)

Pengungsi Banjir Perumnas Antang Rawan Tertular Covid-19

Rabu, 20 Januari 2021 | 15:09 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Bencana banjir kembali terjadi di Perumnas Antang, Kecamatan Manggala, Rabu (20/01/2021). Hal ini disebabkan karena hujan intensitas tinggi yang mengguyur sejak Selasa (19/1/2021) kemarin.

Tercatat, ada 125 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak. Sedangkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar juga melaporkan 500 rumah terendam hingga kini karena banjir.

Merespon adanya bencana ini, Pj Wali Kota Makassar bersama Kepala SKPD terkait meninjau lokasi banjir. Ia melihat kondisi beberapa rumah yang terendam dan para warga yang mengungsi.

Di tempat pengungsian, pantauan Reporter GOSULSEL.COM, mereka sulit menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Tak sedikit pengungsi yang terlihat tanpa menggunakan masker, apalagi menjaga jarak. Fasilitas pendukung pencegahan Covid-19 pun juga tidak terlihat.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Agus Djaja Said mengaku telah menyampaikan hal ini kepada Puskesmas Perumnas Antang. Nantinya, pihak Puskesmas yang akan menyediakan fasilitas pendukung pencegahan penularan Covid-19.

“Tadi sudah koordinasi dengan Puskemasnya, supaya bisa memantau ke bawah. Lihat itu tempat-tempat pengungsian, apa-apa yang dibutuhkan,” kata Agus.

Begitu pula yang disampaikan oleh Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin. Ia menyebut bahwa kondisi kesehatan pengungsi perlu diperhatikan. Olehnya, ia meminta agar Dinkes untuk terus aktif memantau mereka.

“Kita masih ada di tengah pandemi Covid-19. Tentu edukasi kepada warga bahwa prokes di mana pun pada kondisi apapun itu penting untuk menjaga kita semua,” tutup Rudy.(*)


BACA JUGA